Pengembangan Alat Peraga Smart Joglo Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Problem Solving Tema 6 Kelas V Sekolah Dasar

Tasya Laititia, Supriyono Supriyono, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) bertujuan untuk menghasilkan alat peraga smart joglo dan mengetahui kelayakan alat peraga smart joglo berbasis kearifan lokal terintegrasi problem solving tema 6 kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilalukan di SD Negeri Kalikalong yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket validasi ahli media dan ahli materi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan alat peraga smart Joglo pada aspek kevalidan mendapat persentase dari ahli media 93,3% dan ahli materi 91,6% dengan kategori sangat valid. Pada aspek kepraktisan dari hasil respon peserta didik saat uji coba terbatas mendapat persentase  96,6%, saat uji coba lebih luas mendapat persentase 98,3%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 oleh observer I mendapat persentase 94,1%, observer II mendapat persentase 88,2% dan pada pertemuan II oleh observer I dan II mendapat persentase 94,1%. Dilihat dari persentase hasil respon peserta didik dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran alat peraga smart Joglo mendapatkan kriteria sangat praktis. Pada aspek keefektifan dari hasil tes peserta didik mendapat persentase keefektifan 83,3% dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan maka alat peraga Smart Joglo berbasis kearifan lokal terintegrasi problem solving dapak dikatakan layak untuk digunakan.


Keywords


Alat Peraga, Smart Joglo, Kelayakan

Full Text:

PDF

References


Anshori, Sodiq. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2, no. 1 (2019): 88–100.

Deviana, Tyas, dan Dian Ika Kusumaningtyas. “Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS ( Higher of Order Thinking Skills ) pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu Pendidikan mempunyai peranan penting dalam suatu negara untuk menjamin kelangsungan negara dan un,” 2019.

JETIA, JETIA. “PENGEMBANGAN BUKU SISWA MATERI LINGKUNGAN ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-BASHIRAH KOTA PALOPO.” Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo), 2020.

Nastiti, Puput Tri. “PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TRENGGALEK TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU, KELAS IV SEKOLAH DASA.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2021.

OSTI, ADELIN. “PENGEMBANGAN INSRTUMEN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI RADIASI ELEKTROMAGNETIK DI SMA NEGERI 13 MAKASSAR,” t.t.

Ratu, Tursina, dan Muhammad Erfan. “PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA TUNANETRA,” 2018, 101–5.

Sholekah, Friska Fitriani. “Pendidikan Karakteristik Dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education 1, no. 1 (2020): 1–6.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suyono, Achmad, dan Sugeng Hariyanto. “Perkembangan teknologi informasi dan profesi penerjemah.” Jurnal Linguistik Terapan, 2014, 56–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.