Pengunaan Audio Visual Animasi Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Amara Noer Alifah, Tri Fahmi Muzaki, Chealsy Junianti, Ani Nur Aeni

Abstract


Perkembangan tekhnologi yang semakin berkembang memberikan dampak positif bagi sistem pembelajaran di dunia pendidikan, pemanfaatan kemajuan tekhnologi yang berbasis digital memberikan sebuah referensi baru bagi dunia pendidikan. Dengan hadirnya tekhnologi membuat sistem pembelajaran yang sekarang ada lebih efektif dan lebih dapat memudahkan tenaga pendidik dalam melakukan pengajara kepada siswa dan selain memberikan dampak positif kepada tenaga pendidik kemajuan tekhnologi juga memberikan kemudahan kepada siswa dalam menerima materi pembelajaran. Siswa yang cenderung lebih mudah dalam menerima materi yang diberikan melalui media yang berbasis audio visual harus dapat dipahami oleh tenaga pendidik dengan memberikan metode pembelajara yang memanfaatkan audio visual. Pada saat ini untuk membuat media pembelajaran yang berbasis digital yang mencakup audio visual sangat mudah dibuat, terdapat banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dalam membuat media pembelajaran animasi yang berbasis audio visual , seperti aplikasi kine master , aplikasi kine master dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam membuat media pembelajaran yang berbasis audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain pembelajaran animasi audio visual (2) mendeskripsikan keefektifan hasil pembelajaran animasi pengembangan audio visual, dan (3)mengetahui efektifitas pembelajaran animasi pengembangan audio visual. Model pengembangan yang digunakan adalah model audio visual, dan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode ini. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau panduan angket.

Kata kunci: Audio,Visual,Animasi,Aplikasi, Media Pembelajaran


Keywords


Audio,Visual,Animasi,Aplikasi, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Burhanuddin. Pendidikan Keimanan. Banjarmasin: Antasari Pers, 2008.

Amzah, Siti. “Penggunaan media lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat berita transitif bahasa Indonesia di kelas II SDN Arjosari 1 Malang.” Universitas Negeri Malang, 2012.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.

Asy’Arie, Musa. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Lesfi, 1992.

Hidayat, Wahyudi. “KISAH NABI IBRAHIM AS DALAM AL-QUR’AN (Kajian Nilai-Nilai Teologi Moralitas Perspektif Buya Hamka).” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2015.

Khaira, Hafizatul. “Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44. FBS Unimed Press, 2021.

Manan, Syaepul. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 15, no. 1 (2017): 49–65.

Mashuri, Delila Khoiriyah. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 5 (2020).

Masruro, Lailatul, dan Ganes Gunansyah. “Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 2 (2018).

Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, dan Andi Tenri Ampa. “Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12, no. 2 (2020): 317–27.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sunami, Mayang Ayu, dan Aslam Aslam. “Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1940–45.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press, 2018.

West, Richard, dan Lynn H. Turner. Pengantar Teori Komunikasi : Analisis Dan Aplikasi (Introducing Communication Theory : Analysis And Application). Jakarta: Salemba Humanika, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.