Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Sekolah Dasar Di Desa Cangkang Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah

Joni Bungai, Lia Sasmithae, Indra Perdana

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) wajib dilaksanakan siswa di sekolah agar terhindar dari berbagai penyakit menular. salah satunya adalah Cuci Tangan dengan sabun dan air bersih juga jajanan yang sehat. Siswa berpeluang besar untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan jajan sehat di sekolah tapi kenyataannya justru terbalik jajan di luar kantin sekolah, dengan resiko jajanan tidak terkontrol sekolah dan bisa mengancam kesehatan anak. Belum tersedianya tempat cuci tangan dan penyediaan air bersih di sekolah. Maka, perlu diadakan Komunikasi, Edukasi dan Penyuluhan baik kepada siswa maupun wali murid. Pihak sekolah bekerjasama dengan Universitas Palangka Raya bekerja sama melaksanakan penyuluhan dan edukasi berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa/siswi SD Cangkang 1 sehingga terbentuk generasi sehat dan cerdas.


Keywords


PHBS, Penyakit Menular, Desa Cangkang

Full Text:

PDF

References


Brumana, Luisa, Alvaro Arroyo, Nina R. Schwalbe, Susanna Lehtimaki, dan David B. Hipgrave. “Maternal and child health services and an integrated, life-cycle approach to the prevention of non-communicable diseases.” BMJ global health 2, no. 3 (2017): e000295.

Ibrahim, Ibrahim, Kamaluddin Kamaluddin, Mintasrihardi Mintasrihardi, A. M. Junaidi, dan Arsyad Abd Gani. “Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat.” Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3, no. 2 (2021): 191–95.

Kushartanti, Roro. “Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS)(studi di Sekolah Dasar Negeri Brebes 3).” Program Pascasarjana Undip, 2012.

Megawati, Annik, Ema Dwi Hastuti, dan Dessy Erliani Mugita Sari. “Peningkatan kualitas kesehatan anak dengan penerapan cara mencuci tangan yang benar dan pengenalan tentang obat kepada anak usia dini.” Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2018.

Mulyadi. “Tingkat Pengetahuan Siswa Terhadap Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di SDN 197 Palembang Tahun 2014.” STIK Bina Husada, 2014.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Buku Putih Sanitasi (BPS). Murung Raya: Pemerintah Kabupaten Murung Raya, 2015.

Rachmayanti, Riris Diana. “Penggunaan media panggung boneka dalam pendidikan personal hygiene cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.” Jurnal Promosi Kesehatan 1, no. 1 (2013): 1–9.

Taryatman, Taryatman. “Budaya hidup bersih dan sehat di sekolah dasar untuk membangun genersi muda yang berkarakter.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3, no. 1 (2016).

Tim percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman. “Pemuktahiran Strategi Sanitasi Kabupaten Murung Raya.” Dinas Pekerjaan Umum, 2016.

Zaviera, Ferdinand. Mengenali dan memahami tumbuh kembang anak. Vol. 41. Yogyakarta: Katahati, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.