Pendidikan Karakter Agama Melalui Pembelajaran Sains

Yulia Rahmadhar, Septi Fitri Meilana

Abstract


Pendidikan Karakter Religius melalui Pembelajaran IPA sangat Penting dilakukan dalam Proses Pembelajaran serta dalam proses Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA, kegiatan belajar berlangsung terutama dalam karakter religius, sekolah dasar adalah pondasi utama dalam pendidikan maka dari itu pendidikan karakter religius melalui pelajaran IPA sangat di butuhkan. Tujuan yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah memberikan gambaran Pendidikan karakter religius di SD Muhammadiyah 1 Cisalak,serta pendidikan  karakter  kepada peserta didik ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini  menggunakan pendekatan  deskriptif  kualitatif.  Pendekatan ini menguraikan data dengan  situasi  yang sedang terjadi. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan antara lain sebagai berikut: Observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada komponen RPP yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, karakter yang muncul ialah religius, logis, kritis, memecahkan masalah, peduli lingkungan, percaya diri, kreatif, jujur, rasa ingin tahu, cinta ilmu pengetahuan, bertanggung jawab, menghargai perbedaan pendapat, dan gemar membaca. Pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada Pelaksanaan pembelajaran komponen karakter yang muncul ialah rasa ingin tahu, cinta ilmu pengetahuan, logis, disiplin, kritis, kreatif, percaya diri, menghargai perbedaan pendapat, jujur, peduli lingkungan, bertanggungjawab, mandiri, religius, memecahkan masalah, mampu berkarya, dan gemar membaca. Pada evaluasi pembelajaran komponen karakter yang paling sering muncul pada siswa adalah jujur, religius, menghargai perbedaan pendapat, mampu berkarya, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, cinta ilmu pengetahuan, kreatif, memecahkan masalah, ingin tahu, dan logis, gemar membaca, mandiri, peduli lingkungan, dan kritis.  


Keywords


Pendidikan, Karakter, Religius, Sains

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. “Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2011 Rayon 07UNILA.” FKIP Universitas Lampung, 2011.

Hayat, Bahrul. “Pendidikan Karakter Pendekatan dan Prinsip Dasar.” Jakarta: Balitbang Kemendikbud, 2018.

Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Muslich, Masnur. Sertifikasi guru menuju profesionalisme pendidik. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Purnomo, Sutrimo. “Pendidikan karakter di Indonesia antara asa dan realita.” Jurnal Kependidikan 2, no. 2 (2014): 67–68.

Retnasari, Lisa, dan Suharno Suharno. “STRATEGI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 6, no. 1 (2018): 52–62.

Susilawati, Susilawati. “Karakter Religius Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati 27, no. 1 (2012): 98–114.

Tim, P. P. K., dan P. Kemendikbud. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud, 2017.

Utami, Annis Titi. “Pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com