Implementasi Teori Meaningfull Learning David Ausubel Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nursyamiyah Tuban

Nurul Atik Hamida, Lau Han Sein, Wahidah Ma'rifatunnisa'

Abstract


Teori pembelajaran yang bermakna David Ausubel adalah pembelajaran dimana seseorang dapat menghubungkan ilmu-ilmu baru yang diperoleh dengan ilmu-ilmu yang telah diperoleh sebelumnya. Pembelajaran dengan teori berarti pembelajaran ini akan membuat pengetahuan yang diterima individu akan bertahan lama. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan penerapan teori yang bermakna pembelajaran David Ausubel dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nursyamiyah Tuban.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas 5 MI Nursyamiyah Tuban dan guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas 5. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran yang bermakna di MI Nursyamiyah Tuban sudah dilaksanakan dengan advance organizer. Dimana guru telah merencanakan bahan belajar yang berkaitan dengan pengetahuan peserta didik pada pembelajaran sebelumnya dan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Faktor pendukung pembelajaran yang bermaknadalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nursyamiyah Tuban yaitu: penerapannya 2013, kemampuan pedagogik guru, dan sarana dan prasarana yang memadai. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah berasal dari peserta didik itu sendiri. Hal ini dikarenakan peserta didik memiliki kemmpuan kognitif dan daya ingat yang berbeda sehingga guru harus bekerja keras agar peserta didik tersebut tetap dapat mengikuti pembelajaran.


Keywords


Meaningfull Learning, Sejarah Kebudayaan Islam, MI Nursyamiyah Tuban

Full Text:

PDF

References


Al-Mahiroh, Rifqiyyatush Sholihah, dan Suyadi Suyadi. “Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 2 (9 Agustus 2020): 117–26. doi:10.37680/qalamuna.v12i2.353.

Aqib, Zainal, dan Ahmad Amrullah. Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah . Yogyakarta: Pustaka Referensi, 2019.

Asri, Budiningsih. Belajar dan pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

eliköz, Nadir, Yavuz Erisen, dan Mehmet Sahin. “Teori Pembelajaran Kognitif dengan Penekanan pada Pembelajaran Laten, Teori Gestalt dan Pemrosesan Informasi.” Pengajuan Online 9, no. 3 (Agustus 2019): 18–33.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar . Jakarta: Direktorat P dan K, 1988.

Ekawati, Mona. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7, no. 2 (26 Desember 2019). doi:10.24036/et.v7i2.106979.

Hartanto, Toni, Roemin Toyo, dan Anis Rahmawati. “Perbandingan Capaian Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada 4 (Empat) Kategori Mata Pelajaran Produktif.” Indonesian Journal Of Civil Engineering Education 4, no. 1 (1 Agustus 2018). doi:10.20961/ijcee.v4i1.22542.

Hascan, Muhammad Alpin, dan Suyadi Suyadi. “Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP Di SIT Bina Insan Batang Kuis.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (1 Oktober 2021): 138–46. doi:10.33487/edumaspul.v5i2.1548.

Karya, I. wayan. “Asumsi Dasar Teori Kognitif, Behavioristik Dan Humanistik.” Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu 8, no. 2 (2017): 40–48. doi:10.33363/ba.v8i2.295.

Kharisma, Itsna, dan Mawardi Mawardi. “Implementation of an Environmental-Based Alternative Integrative Thematic Model to Increase Meaningfulness and Learning Outcome.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 51, no. 3 (29 Oktober 2018): 154–62. doi:10.23887/jpp.v51i3.15945.

M. Fairuz Rosyid, R., dan Umi Baroroh. “Teori Belajar Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9, no. 1 (11 April 2020): 92–110. doi:10.22373/ls.v9i1.6735.

Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Masgumelar, Ndaru Kukuh, dan Pinton Setya Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran.” GHAITSA : Islamic Education Journal 2, no. 1 (3 Februari 2021): 49–57.

Muamanah, Hidayatul, dan Suyadi. “Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (22 Mei 2020): 161–80. doi:10.29240/belajea.v5i1.1329.

Najib, Donas Ahmad, dan Elhefni Elhefni. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 2, no. 1 (2016): 19–28.

Nugroho, Puspo. “Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3, no. 2 (18 Desember 2015): 281–304. doi:10.21043/thufula.v3i2.4734.

Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group, 2015.

Pahliwandari, Rovi. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olah Raga 5, no. 2 (2016): 154–64. doi:10.31571/jpo.v5i2.383.

Rachmawati, Tutik, dan Daryanto. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Rahmah, Nur. “Belajar Bermakna Ausubel.” Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1, no. 1 (2013): 43–48. doi:10.24256/jpmipa.v1i1.54.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran ; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Saputra, Hery. “Peningkatan Daya Serap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Teori Belajar Bermakna David Ausubel.” Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 1, no. 1 (2016): 21–26.

Setiyawan, Andi, Wulan Fitriani, Zubaedah Nasucha, dan Suci Muzfirah. “Teori Belajar Kognitif Gestalt Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (27 Desember 2021): 149–59. doi:10.36768/abdau.v4i2.157.

Syaodih, Nana, dan Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Tarmidzi, Tarmidzi. “Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 1, no. 2 (12 Agustus 2019): 131–40. doi:10.33603/cjiipd.v1i2.2504.

Tian, Zhijie, Kun Zhang, Tao Zhang, Xiaozhen Dai, dan Juan Lin. “Application of Ausubel Cognitive Assimilation Theory in Teaching/Learning Medical Biochemistry and Molecular Biology.” Biochemistry and Molecular Biology Education 48, no. 3 (2020): 202–19.

Vallori, Antoni Ballester. “Pembelajaran Bermakna dalam Praktek.” Tidak ditentukan , 2014. https://www.semanticscholar.org/paper/Meaningful-Learning-in-Practice-Vallori/79e75ea0eb36b9debb8799407f84f9f4ad94335d.

Widyati, Wiwik. “Belajar Dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme.” Biosel: Ilmu dan Pendidikan Biologi 3, no. 2 (7 Desember 2014): 177–87. doi:10.33477/bs.v3i2.521.

Yuberti. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan . Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA), 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.