Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Organisasi Di SDN 125 Rejang Lebong

Sandiya Desti Ayunisyah, Hendra Harmi, Lukman Asha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku organisasi di SDN 125 Rejang Lebong. Objek penelitian ini adalah SDN 125 Rejang Lebong. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data sebagai hasil akhir dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku organisasi merupakan perilaku individu yang ada dalam suatu organisasi, dalam suatu organisasi pendidikan melibatkan banyak anggota baik sebagai guru, staf maupun karyawan, oleh sebab itu dalam organisasi memiliki perilaku individu yang berbeda-beda baik dari tingkat emosional dan intelektual mereka. Oleh sebab itu kepala sekolah berperan penting dalam mengatasi perilaku yang berbeda tersebut. Kepala SDN 125 Rejang Lebong mengambil cara dengan menugaskan karyawan dan guru sesuai dengan latar belakang pendidikan, skill, dan kemampuan mereka. Dengan begitu maka perbedaan dalam organisasi dapat terorganisir dan tidak menimbulkan konflik yang fatal bagi organisasi.

Keywords


Peran Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Perilaku Organisasi

Full Text:

PDF

References


Alhabsyi, Firdiansyah, Sagaf S. Pettalongi, dan Wandi. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2022).

Amini, Desliana Pane, dan Akrim. “Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021).

Budi, Agus Argawan. “Strategi Motivasi Kepemimpinan Di Sdn 3 Kawo, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa 6, no. 1 (2021).

Ginting, Rayanta. “Analisis Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di SD 023893 Binjai),” 2021.

Indajang, Kevin, Jufrizen Jufrizen, dan Azuar Juliandi. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar.” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial 12, no. 2 (2020).

Jaya, Wayan Satria. “Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2022).

Ma’sum, Toha. “Persinggungan Kepemimpinan Transformational dengan Kepemimpinan Visioner dan Situasional.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019).

Mulyasa, H. Enco. Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara, 2022.

Nabila, Alifa, dan N. Fathurrohman. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).

Prihantini dkk. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Pembinaan Nilai, Moral dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2022.

Purba, Sukarman, Erika Revida, Luthfi Parinduri, Bonaraja Purba, Muliana Muliana, Pratiwi Bernadetta Purba, Tasnim Tasnim, dkk. Perilaku Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Ritonga, Nurul Ajima. “Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Kerja yang Kondusif di SD IT Ummi Aida Medan.” Continuous Education: Journal of Science and Research 1, no. 1 (2020).

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Sahabuddin, M., dan Syahrani Syahrani. “Kepemimpinan Pendidikan Perspektif Manajemen Pendidikan.” Educational journal: General and Specific Research 2, no. 1 (2022).

Sahadi, Otong Husni Taufiq, dan Ari Kusumah Wardani. “Karakter Kepemimpinan Ideal dalam Organisasi.” Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6, no. 3 (2020).

Siagian, Hatari Marwina, M. Joharis Lubis, dan Darwin. “Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah SD Swasta.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

Siburian, Martua Ferry, dan Mashudi Alamsyah. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Dalam SINASIS (Seminar Nasional Sains), Vol. 2, 2021.

Sidin, A. Indahwaty, dan Rhaptyalyani Herno Della. Perilaku Organisasi. Malang: Literasi Nusantara, 2021.

Sunardi, Piter Joko Nugroho, dan Setiawan. “Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah.” Equity In Education Journal (EEJ) 1, no. 1 (2019).

Sunday Ade Sitorus dkk. Pengantar Perilaku Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022.

Widdah, Minna El, dan Jalaludin. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Yadika Kota Jambi.” PhD Thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

Yusmina, Rusdin, dan Hamlan. “Analisis Sosial Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Al-Azhar Mandiri Kota Palu.” Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.