Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar

Sudiarni Sudiarni, Rosleny B, Idawati Idawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pada siswa inklusi di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar. 2). Untuk mengetahui faktur pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pada siswa inklusi di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1 dan guru pendamping khusus (SN). Setting penelitian mengambil tempat di kelas 1 SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperanserta, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 dan Guru pendamping khusus  SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar sudah menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di kelasnya melalui pembelajaran, hal ini terlihat dengan studi dokumentasi RPP, dalam RPP tersebut terdapat nilai-nilai pendidkan karakter khususnya ada pada KD dan KI. Yang didalamnya terdapat nilai-nila karakter yang ditekankan berkatan dengan keberadaan siswa berkebutuhan khusus yaitu relegius, disiplin, kebersamaan, lingkungan, jujur, tanggung jawab, dan peduli sosisal. Implemntasi pendidkan karakter di kaitkan dengan visi dan misi sekolah, aturan sekolah, aturan kelas, selogan atau poster yang mendukung dalam implementasi pendidikan karakter. faktor pendukung terdiri dari penanaman konsep dalam pembelajaran, keteladanan, penguatan, pembiasaan, serta faktor penghambat antaralan keterbatasan waktu, lingkungan, sikap orang tua dan teknologi.


Keywords


Pendidikan Karakter, Siswa Inklusi

Full Text:

PDF

References


Ajat Sudrajat. (2011). “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan
Karakter
(Nomor 1 tahun 1). Hlm. 47-58

Asmani, Ma’mur Jamal. (2012). Buku Panduan Internalisasi PendidikanKarakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Azzet, Muhaimin, Akhmad. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Barnawi, & M. Arifin. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Budiyanto. & David, Smith (2005). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Depdiknas

Budiyanto. (2005). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal.
Jakarta: Depdiknas.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan
Praktik.
Yogyakarta: UNY Press.

Dedy Kustawan. (2013). Manajemen Pendidikan Inklusif: Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum dan Kejuruan. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Dharma, Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Doni Koesoema A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik anak di
Zaman Global.
Jakarta: Grasindo.

Fatchul, Mu’in. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hargio Santoso. (2012). Cara Memahami dan Menididk Anak Berkebutuhan
Khusus.
Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Izzati Ritta Eka, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Koesoema, Doni A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Koesoema, Doni A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Kustawan Dedy. (2013). Manajemen Pendidikan Inklusif: Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum dan Kejuruan. Jakarta: PT Luxima Metro Media

Lexy J Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana
Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan
Tanggung Jawab.
Penerjemah: Juma Abdu Wamanungo. Jakarta: Bumi
Aksara

Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Penerjemah: Juma Abdu Wamanungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlas, Samani & Hariyanto, (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhammad Hammid. (2014). “Pendidikan Inklusif Jadi Sarana Edukatif Pendidikan Karakter”. Diambil dari http://kemdikbud.co.id/node/2345/ , pada tanggal 09 Oktober 2019 pukul 12.35.

Mumpuniarti. & sutarjo (2012). “Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Inklusi.” Jurnal Pendidikan Karakter. (Nomor 3 tahun 2). Hlm. 248-257.

Mumpuniarti. (2012). “Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan
Karakter Siswa di Sekolah Dasar Inklusi.” Jurnal Pendidikan Karakter.
(Nomor 3 tahun 2). Hlm. 248-257.

Narwanti Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Grup Relasi inti Media.

Nasution. (2012). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Novan Ardy Wiyani. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan
Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia

Novan, Wiyani Ardy. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.

Novan.Wiyani Ardy & Ma’mur Asmani (2013). Konsep Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Prastowo Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ritta Eka Izzati, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY
Press.

Santoso Hargio. (2012). Cara Memahami dan Menididk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Satori Djam’an, & akhmad, dkk. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sofan & Amri, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran “Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sofan Amri, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah. (2011). Implementasi Pendidikan
Karakter dalam Pembelajaran “Strategi Analisis dan Pengembangan
Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran
. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sudrajat Ajat. (2011). “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter (Nomor 1 tahun 1). Hlm. 47-58.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo Agus. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yin, Robert. K. & Moeleong (2006). Studi Kasus Desain dan Metode. Penerjemah M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Zainal Aqib. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung:
Yrama Widya.

Zainal, Aqib. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam
Lembaga Pendidikan
. Jakarta: Kencana

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.