Peningkatan Mental Activities Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Sekolah Dasar

Anggi Agustina, Mufarizuddin Mufarizuddin, M. Syahrul Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aktivitas mental siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan dengan menggunakan model pembelajaran take and give. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya mental activities siswa dalam pembelajaran di kelas V Semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu sebanyak 10 orang siswa yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument soal tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan kemampuan mental activities siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data awal pratindakan ketuntasan belajar 10%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 20%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 40% dan siklus II pertemuan I meningkat menjadi 60%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Take and Give dapat meningkatkan mental activities Siswa Kelas V SDN 013 Kumantan. Kata Kunci : Model Take and Give, Kemampuan Aktivitas Mental dan Sekolah Dasar.

Keywords


Take and Give Model, Mental Activity Ability and Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.

Huda, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VIII Kelas III SD RK Budi Luhur Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 108–116. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.25992

Istarani. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859

Kurniasih. (2015). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran Take And Give Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 119–127

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), Hlm 36.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74-79

Marta, R. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Nominal Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 2(1), 77-86

Maryati, T. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar Ips Melalui Model Take and Give Pada Siswa Kelas IX G SMP Negeri 3 Ciamis. 209–214

Sela, S., Akip, M., & Permatasari, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.46368/jpd.v6i2.146

Setiyawan, H., & Hasti, T., N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859

Sumayana, Y., Sutarman, & Santisah, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Tentang Tanah

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154-163.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.