Implementasi Pendidikan Merdeka Belajar Di MI Miftahus Sa’adah Ngawi Terhadap Minat Bakat Siswa
Abstract
Artikel ini menjelaskan tentang praktik baik Merdeka Belajar. Pendidikan merdeka belajar merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0. Praktik baik merdeka belajar yang dilakukan oleh guru kelas 6 di MI Miftahus Sa’adah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari merdeka belajar terhadap pembelajaran di MI Miftahus Sa’adah.
Metode yang digunakannya yaitu penelitian kualitatif dengan guru Bahasa Indonesia sebagai objek pertama dan murid sebagai objek kedua. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrument observasi dan instrument interview guru.
Dalam artikel ini akan disampaikan cara pembelajaran yang menarik yang digunakan guru MI Miftahus Sa’adah dengan konsep merdeka belajar. Dengan demikian para siswa dapat memperoleh ilmu dengan rasa senang.
Kata kunci: Implementasi Merdeka Belajar, Minat Bakat Siswa, Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badriyah, Lailatul, Zubaidah Zubaidah, dan Nelly Marhayati. “Empati Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.” IAIN Bengkulu, 2019. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2963/.
Departmen Pendidikan Nasional. Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Hamalik. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya, 2012.
Shihab, Najeela. Merdeka Belajar di Ruang Kelas. Tangerang: Literati, 2017.
———. “Semua Murid Semua Guru: Strategi Bertanya.” Kumparan (blog), 2017. https://kumparan.com/najelaa-shihab/semua-murid-semua-guru-strategi-bertanya-1GpQ5T/full.
Sudrajat, Akhmad. “Penataan Tempat Duduk Siswa Sebagai Salah Satu Bentuk Pengelolaan Kelas.” akhmadsudrajat.wordpress.com (blog), 2008. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/28/penataan-tempat-duduk-siswa-sebagai-bentuk-pengelolaan-kelas/.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
Syam, Ali Muri. “Literasi Dalam Pembelajaran.” Kompasiana (blog), 2020. https://www.kompasiana.com/adesutarya/60653448d541df364264d5e2/literasi-dalam-pembelajaran.
———. “Pentingnya Sebuah Kenyamanan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.” Kompasiana (blog), 2020. https://www.kompasiana.com/filachulaini/5eba25a9097f36164c6dc804/pentinya-sebuah-kenyamanan-dalam-proses-belajar-dan-mengajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.