Pembudayaan Nilai Ajaran Agama Islam dalam membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

Muhammad Syukri, Rahmad Ilahi, Riris Nurkholidah Rambe, Istiningsih Istiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembudayaan nilai ajaran agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di SD 20 kabupaten pasaman barat. Penelitian ini dilakukan di SD 20 kabupaten pasaman barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) peneliti mengumpulkan data dengan observasi dan wawancara bagaimana pengaruh pembudayaan nilai ajaran agama islam terhadap karakter peserta didik di SD 20 kabupaten pasaman barat. Pembudayaan nilai ajaran agama islam terlihat dari kegiatan pembacaan asmaul husna saat baris di depan kelas guna menanamkan nilai tauhid bagi peserta didik, peraturan sekolah untuk memakai pakaian menutup aurat, pada saat pembelajaran dilakukan maka peserta didik membaca al-quran sebelum pembelajaran maka pembudayaan nilai ajaran agama islam ini berpengaruh terhadap karakter peserta didik sehingga mereka lebih berkarakter islami dan terbiasa melakukan kesalehan didalam kehidupannya.

Kesimpulannya adalah pengaruh pembudayaan nilai ajaran agama islam terhadap karakter peserta didik di SD 20 kabupaten pasaman barat terlihat dari karakter peserta didik yang terbiasa bertatakrama dan bersopan santun baik terhadap guru dan peserta didik lainnya.


Keywords


Pembudayaan, Nilai Ajaran Agama Islam, Karakter Peserta Didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.

Aslan. “Kurikulum Pendidikan vs Kurikulum Sinetron.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 14, no. 2 (2016).

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan, 1977.

Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Ma’arif, Ahmad, dan Syafi’i. Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Muzayyin, Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Rahman, Abdur, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022).

Suyudi, H. M. Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an: Integrasi Epistemologi Bayani. Jakarta: Mikraj, 2005.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Yanti, Rima Eka, Aslan Aslan, dan Asryruni Multahada. “Persepsi Siswa Pada Pendidikan Nilai Di Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Sambas.” ADIBA : Journal of Education 2, no. 3 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.