PERAN BUDAYA MAULID DALAM MEREKATKAN HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT BARABAI UTARA (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA PENDIDIKAN IPS)

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi dalam bentuk antropologi tentang perilaku alami dalam sebuah budaya atau seluruh kelompok sosial. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan analisis terhadap nilai-nilai budaya warga Barabai dalam melaksanakan maulid. Barabai merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Memiliki 12 Desa dan 6 Kelurahan dan memiliki luas 1.472 km². setiap tahun selalu merayakan maulid hari lahirnya nabi besar Muhammad SAW dengan cara bersama-sama pada setiap desa. Budaya ini sudah ada sejak lama. Dalam pelaksanaannya tersimpan nilai-nilai budaya luhur yang baik untuk diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti budaya bermusyawarah/kebersamaan, patuh terhadap pemimpin, gotong royong dan kerja sama. Selain itu juga terdapat nilai-nilai semangat membina kerukunan, silaturahmi antar sesama warga desa, semangat keberagamaan, kerja sama, ketertiban. Peran nilai dalam merekatkan Hubungan Sosial Warga adalah: Nilai sebagai pedoman berperilaku, nilai sebagai kontrol sosial dan nilai sebagai pelindung sosial.

Keywords


Kata kunci: Barabai, Musyawarah, Gotong royong, Nilai

Full Text:

PDF

References


Agency, ANTARA News. “Pasar agrobisnis hanya boleh dijuali tiga komoditi - ANTARA News Kalimantan Selatan.” Antara News. Diakses 9 Desember 2019. https://kalsel.antaranews.com/berita/73992/pasar-agrobisnis-hanya-boleh-dijuali-tiga-komoditi.

Alamsyah Kusumadinata, Ali. Pengantar Komunikasi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Banjarmasin Post. “Bangunan Pasar Modern Agrobisnis Barabai Rampung, Pedagang Tidak Tahu Jadwal Kepindahan.” Diakses 9 Desember 2019. https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/09/03/bangunan-pasar-modern-agrobisnis-barabai-rampung-pedagang-tidak-tahu-jadwal-kepindahan.

“Barabai, Hulu Sungai Tengah.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 4 Juni 2019. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Barabai,_Hulu_Sungai_Tengah&oldid=15135793.

brilio.net. “3 Objek Wisata Baru Dan Hits Di Barabai, Kalimantan Selatan.” brilio.net. Diakses 8 Desember 2019. https://www.brilio.net/creator/3-objek-wisata-baru-dan-hits-di-barabai-kalimantan-selatan-215ce2.html.

Effendy, Bahtiar. Islam dan Negara-Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Democracy Project, 2011: Islam dan Negara-Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Bukupedia, 2011.

Fajar Asa, Noor. Serpihan yang Menerangi. EDU PUBLISHER, 2019.

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 25 Oktober 2019. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kabupaten_Hulu_Sungai_Tengah&oldid=16087893.

Kholilurrohman. WEWANGIAN SEMERBAK DALAM MENJELASKAN TENTANG PERINGATAN MAULID. Nurul Hikmah Press, 2018.

Mulyadi. Etnografi Pembangunan Papua. Deepublish, 2019.

“Rebana.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 10 September 2019. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Rebana&oldid=15558989.

Sugono, Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008. https://jurnal-oldi.or.id/public/kbbi.pdf.

Waskito, AM. Pro dan Kontra Maulid Nabi. Pustaka Al Kautsar, 2014.

Wijaya, Hari. “PERAN BUDAYA KARAPAN KERBAU DALAM MEREKATKAN HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT DESA JOTANG BERU KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA BESAR-NTB (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA PENDIDIKAN IPS).” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 11, no. 2 (2017): 188–99.

Wiranata, I. Gede A. B. Antropologi Budaya. Citra Aditya Bakti, 2011.

Zeembry. 12 Jurus Pamungkas Animasi kartun Dengan Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo, t.t.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.