Partisipasi Peserta Didik SD Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Blended Learning

Ovi Taufiqu Rohmah, J. Julia, Aah Ahmad Syahid

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi yang sangat penting dalam proses pembelajaran, yaitu peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa pentingnya partisipasi didik pada saat pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan riset kualitatif dengan desain penelitiaan studi kasus untuk mengetahui secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini di uji cobakan kepada peserta didik kelas IV SD Negeri Baginda II Kabupaten Sumedang. Berdasarkan hasil pembahasan daripenelitian ini, tingkatan partisipasi peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung menggunakan media yang berbasis teknologi dilihat dari tiga aspek antara lain partisipasi peserta didik dalam bertanya, partisipasi peserta didik dalam menanggapi persoalan, serta partisipasi peserta didik dalam mengerjakan tugas. Partisipan menyadari jika berpartisipasi dalam proses pembelajaran ialah hal yang sangat penting, dikarenakan perihal tersebut ialah kunci dari tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil diarahkan dari hasil observasi, dan angket yang diberikan kepada peserta didik di SD Negeri Baginda II Kabupaten Sumedang bahwa peserta didik mampu berpartisipasi aktif sepanjang proses pembelajaran walaupun belum sepenuhnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peserta didik berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran yang menggunakan media berbasis teknologi secara luring (tatap muka).

 


Keywords


Pembelajaran Teknologi, Blended Learning, Partisipasi Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Wihartanti, A.R. 2022. Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), pp. 367–377. Available at: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130.

Julia, J. et al. 2020. Readiness and Competence of New Teachers for Career as Professional Teachers in Primary Schools. European Journal of Educational Research, 9(2), pp. 655–673. Available at: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.655.

Anggraeny, D. et al. 2020. Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), pp. 150–157. Available at: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467.

Mulyasari, E. dan Sudarya, Y. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Reski, D.J. 2019. Konsep Kesiapan Siswa dalam Mengerjakan Tugas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), p. 33. Available at: https://doi.org/10.23916/08419011.

Maulani, M.R. et al. 2021. Implementasi E-Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sehingga Lebih Interaktif dan Menyenangkan. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 7(1), pp. 27–35. Available at: https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss1.2020.489.

Susanti, N. dan Putri, R.R. 2021. Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Virtual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), p. 77. Available at: https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23780.

Khansa’, S.L. et al. (no date). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Arias Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Relasi dan Fungsi.

Ahmad, N., et al. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), pp. 70–79. Available at: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464.

Zain, N.H. et al. 2021. Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 1840–1846. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051.

Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), pp. 128–139. Available at: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.

Niarsa, A. 2012. Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora.

Purbawati, C. et al. 2020. Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), pp. 102–108. Available at: https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4919




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.