Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru melakukan variasi metode dan penggunaan media pembelajaran untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Adapun analisis data yang dipilih oleh peneliti adalah analisis konten (content analysis). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Seorang guru perlu menggunakan beberapa metode (metode variatif) dan Media Variatif dalam menyampaikan pembelajaran terhadap satu pertemuan. (2) Metode Variatif menjadikan penyajian pembelajaran akan lebih menarik dan jauh lebih hidup, sehingga dapat membangkitkan semangat belajar siswa. (3) Metode variatif perlu ditunjang dengan media pembelajaran yang sesuai dengan metode yang dipilih dan juga materi yang akan diajarkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: (Bandung: Sinar Baru. Algesindo), 2008.
Cucu Suhana, and Nanang. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Harziko, Harziko, and Yulis Mayanti. “Penerapan Metode Variativ Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Buru.” SANG PENCERAH Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol, 7, no. No, 1 (2021): 159–66. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.852.
Magdalena, Ina. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi.” Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains 3, no. 2 (August 2021): 312–25.
Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana, 2017.
Melati, Mawar. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Model Pembelajaran Arias Berbantuan Media Audio Visual.” Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Vol, 9, no. No, 2 (2017).
Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8, no. 2 (2010).
Nuraini. “Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mendahara.” Jurnal Literasiologi 6, no. 2 (June 2021): 65–74.
Qondias, Dimas. “Pengembangan Media PembelajaranTematik Berbasis Mind Maping SD Kabupaten Ngada Flores.”, Jurnal Pendidikan Vol, 5, no. No, 2 (October 2017): 177.
Rusiadi. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam” 6, no. 2 (July 2020): 10–21.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), 2008.
Sariah. “Pengembangan Variasi Mengajar Bagi Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak Madrasah Daarussalam Bengkalis.” Jurnal Sosial Budaya 8, no. 02 (December 2011): 5.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2018.
———. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya., 2001.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.