Kontribusi Madrasah Dalam Penerapan Konsep Akhlak Modern Di Era Disrupsi

Yuan Nisa Madjid, Lailatul Qomariyah, Ahmad Khalidi, Ade Destri Deviana

Abstract


Lulusan madrasah dianggap belum mampu bersaing dalam kancah dunia khususnya pada bidang non Islamic studies seperti sains, kesehatan, dan teknik informatika, sebab penerapan pendidikan akhlak hanya berfokus pada akhlak secara tekstual tanpa diiringi akhlak untuk mengembangkan potensi diri dan keberlangsungan hidup. Akhlak modern (inovatif, produktif dan kreatif) menjadi konsep penting untuk solusi tersebut dan diterapkan dalam pendidikan madrasah melalui kegiatan pembelajaran dan life skill. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konstribusi madrasah MTsN 4 Hulu Sungai Utara dalam penerapan akhlak modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan library research. Hasil penelitian adalah konstribusi madrasah MTsN 4 Hulu Sungai Utara untuk menanamkan akhlak modern dilakukan melalui: 1) kegiatan ekstrakurikuler yang berpusat pada pengembangan life skill dan kewirausahaan, crafting, Teknologi Informatika (pengembangan software maupun aplikasi), inovasi barang dengan kreatifitas budaya lokal, pengolahan sampah, sains dan robotik, serta optimalisasi organisasi di madrasah;  2) metode pembejaran berbasis pemecahan masalah maupun menciptakan solusi berupa peluang dan usaha; 3) seminar dan pelatihan life skill yang bersifat modern dengan pembicara yang mampu mendobrak pasar nasional maupun internasional.


Keywords


Madrasah, Pendidikan Islam, Akhlak Modern, Era Disrupsi

Full Text:

PDF

References


Ainun, Alfadiah Nur, dkk, “Mengenal Akidah dan Akhlak Islami”, (Lampung: CV. Iqro, 2018).

Al-Ghazali, “Ihya’ Ullumuddin”, Jilid III, (Beirut: Dar Al Fikr).

Anwar, Hersin, “Pengelolaan Pendidikan (Teori dan Aplikasi Madrasah)”, (Cirebon: Eduvision Publishing, 2017).

Asyrifudin, Ahmad Janan, “Mengikuti Pilar-Pilar Kehidupan Islam”, (Yogyakarta: SUKA Press, 2010).

Aziz, Amka Abdul, “Kebijakan Pendidikan Karakter”, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016).

Baya’gub, Rusdi“ Madrasah: Dalam lintas Sejarah Sistem Pendidikan Nasional”, (Jember: IAIN Jember Press, 2013).

Choirunnisya, “Pola Pembelajaran PAI di Sekolah Islam, Madrasah dan Pesantren”, Jurnal Pendidikan Islam, Volume XI No.1 Juni 2011.

Daulay, Haidar Putra, “Historis dan Eksistensi (Pesantren, Sekolah dan Madrasah)”, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001).

El-Widdah, Minnah dan Syamsul Huda,“Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah”, (Jambi: Salim Media Indonesia, 2018).

HAMKA, “Akhlaqul Karimah”, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992).

Hasany, Zulfahry Abu, “Konsep Produktifitas Kerja Dalam Islam”, Jurnal Balanca, Volume 1 No.2 Juli-Desember 2019.

Hasyim dan Abdullah, ”Konsep Pengembangan Pendidikan Islam (Telaah kritis terhadap pengembangan lembaga pendidikan madrasah dan pondok pesantren)”, (Makassar: Kedai Aksara, 2014).

Hidayat, Rahmat, “Ilmu Pendidikan Islam (Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia)”, (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016).

Huges dan Ujang Nurjaman, “Pendidikan Moral Berbasis Agama Filsafat Psikologi dan Sosiologi”, Jurnal Al-Qalam, Vol. 16, No. 1, Januari-Juni, 2022

Iqbal, Abu Muhammad, “Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan”, (Madiun: Jaya Star Nine, 2013).

Maulida, Ali, “Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat”, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan, Vol. 2, Juli 2013.

Maulidah, “Akhlak Sebagai Esensi Pendidikan Islam”, Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 16, No. 6 November-Desember, 2022.

Mulyadi, “Kewirausahaan Bertindak Kreatif dan Inovatif”, (Palembang: Rafah Press, 2011).

Murdinar, Hardining Estu, dkk, “Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Produktif Siswa SMA”, National Conference On Economic Education, Agustus 2016

Mursi, Abdul Hamid, “SDM Yang Produktif: Pendekatan Al-Qur’an dan Sains”, (Jakarta: Gema Insani Press, 1997).

Nata, Abuddin, “Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia”, (Jakarta: Prenamedia Group, 2019).

Prayudhayanti, Bondan Ndaru, “Peningkatan Perilaku Inovatif Melalui Budaya Organisasi”, Jurnal EKOBIS (Ekonomi Bisnis) Vol.15, Juli 2014

Ratnawati, dkk, “Inovasi Pemasaran Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Digital”, (Diterbitkan atas kerjasama Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (BALILATFO), 2019).

Rifa’i, Ahmad, “Pendidikan Karakter dan Pendidikan Akhlak”, Al-Qalam, vol.9, No.17 Januari-Juni, 2016.

Sari, Ani Interdiana Candra, dkk. “Peran Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik”, Research and Development Journal of Education, Volume 7, No.2 Tahun 2021

Soerbardi, Rusdijanto, “Perilaku Inovatif”, Jurnal Psikologi Ulayat, Edisi I Desember, 2012

Sutrisno, Edy, “Manajaemen Sumber Daya Manusia”, (Jakarta: Kencana, 2011).

Ya’qub, Hamzah, “Etika Islam”, (Bandung: CV. Diponegoro, 1982).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.