Implementasi Total Quality Management (TQM) Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sarolangun Provinsi Jambi
Abstract
Hal ini mengacu pada pengumpulan data dengan menggunakan MIN 2 Sarolangun sebagai sumber informasinya. Analisis ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Inti dari artikel ini adalah bahwa globalisasi berdampak pada kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, kualitas mahasiswa pada saat penulisan ini lebih tinggi dari yang diharapkan. Akibatnya, metode yang berbeda untuk mengajar siswa untuk bekerja sama dikembangkan dengan cara yang praktis dan efektif. Akibatnya, Total Quality Management (TQM) adalah salah satu metode pendidikan yang paling sukses. Sementara MIN 2 Sarolangun akan mampu menerapkan Total Quality Management yang efektif. Studi ini menunjukkan bahwa Total Quality Management di MIN 2 Sarolangun diterapkan di keempat tingkatan: internal, eksternal, adat, sistem, dan lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmuni,“KonsepMutudanTotal Quality Management dalam Dunia Pendidikan,” Ta’dib XVIII no.1 (Juni, 2013).
Darmadji, “Implementasi Total Quality Management sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN Model Yogyakarta,” El-Tarbawy Jurnal Pendidikan Islam 1 No. 2 November, 2008.
Edward Sallis, Total Quality Mangement in Education. (Yogyakarta: IRCiSoD, 2015).
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Islam (Bandung: Refika Aditama, 2008).
Muchlas Samani, dkk., Manajemen Sekolah (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2009).
Parasuraman A, Leonard Berry, dan Valarie A. Zeithaml, “The Nature and Determinant of Custumer Expectations of Service,” Journal of the Academy of Marketing Science 1 no. 21 (April, 1993).
Tenner dan Detoro, Total Quality Management Three Steps to Continous Improvement, (New York: Addison Weley Publishing Company, 1992).
Uhar Suharsaputra, Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi (Bandung: Refika Aditama, 2015).
Zeithaml dan Bitner, Service Marketing (New Jersey: Graw Hill, 2000).
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2014).
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda karya, 2012).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.