Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Program Khusus Paesan Muhammadiyah 02 Bendan Kabupaten Pekalongan

Eni Rakhmawati

Abstract


Kepala sekolah sebagai top manager memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, mengevaluasi dan mutu pendiikan di SD Program khusus Paesan Muhammadiyah 02 Bendan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model  Kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melalui pembinaan kemampuan guru dalam proses pembelajaran (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menerapkan strategi kepemimpinan demokratis. Dalam menghadapi guru-guru, biasanya kepala sekolah sering bertukar pikiran dengan para guru, sehingga menemukan satu cara efektif untuk meningkatkan kinerja mereka dalam pengembangan proses pembelajaran. Guru-guru yang kinerjanya rendah, sikap dan kepribadiannya keras, dengan pendekatan persuasif kepala sekolah menganjurkan agar mereka meningkatkan kinerjanya.(3) Kepala sekolah selalu perpedoman pada visi dan misi sekolah. Dari visi dan misi tersebut kepala sekolah merencanakan dan mengadakan program – program yang inovatif seperti praktek pembelajaran langsung ke mitra SD dan program tahfidz Al Quran, terbukti program ini banyak menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini karena banyak orang tua yang berharap dengan program ini anaknya akan pandai dalam hal keagamaan yang dirasa sangat dibutuhkan pada zaman sekarang.Kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan selalu bersikap demokratis karena dengan kepemimpinan demokratis guru merasa dirinya tidak dibuat seperti buruh yang hanya diperintah oleh atasan.  Dalam melaksanakan peran kepemimpinannya, para pemimpin yang demokratis percaya bahwa orang cenderung lebih senang diarahkan, menjadi pekerja yang ditentukan prosedurnya dan pemecahan masalahnya daripada harus memikul sendiri tanggung jawab di atas segala tindakan dan keputusan yang diambil.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aliyansah, dkk. 2012. Strategi Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tesis PPS Administrasi Pendidikan UNTAN Pontianak.

Ardiansyah, Asrori. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Unggul di Malang: Studi Multikasus di MIN Malang I dan SDI Surya Buana Malang. Tesis. PPS UIN Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta:Jakarta.

Bush dan Coleman. 2012. Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan penerjemah fahrurozzi.IRCiSod :Jogjakarta.

Danim, Sudarwan. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah. Bumi Aksara: Jakarta.

David Gurr, dkk. 2005. Succesful Principal Leadership: Australian Case. Journal of Educational Administration, Vol 43. Diunduh pada 15 Desember 2015.

Dinham, Stephen.2012. Principal Leadership for Outstanding Educational Outcomes. Faculty of education, University of Wollongong, Wollongong, Ausralia. http: www.emeraldinsight.com. Diunduh pada tanggal Desember 2015.

Engkoswara.2010. Administrasi Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Ginting dan Haryati. 2012. Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS Volume II No 2 edisi Juli. Diunduh pada tanggal 6 Januari 2016

Husaini Usman. 2008.Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandarwassid dan Suhendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jacobs. 2006. National Jurnal for Publising and Mentoring Doctoral Student Research. Praire View A&M University Collage of Education.

Jerome, S Arcaro. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-prinsip dan Tata Langkah Penerapan .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komariah dan Triatna. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara.

Kwek, C.L, Teek C.,H., dan Hoi P.,T. 2010. Education Quality Process Model and Its Influence on Studens Perceived Service Quality. International Journal of Bussines and Managemen Volume 5 No 8 hal 154- 165. Diunduh pada 5 Januari 2016.

Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi.2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budya Mutu. Malang : UIN Maliki Press.

Mulyasa.2005.Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______.2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, Dedy.2011. Pendidikan Bermutu dan berdaya saing. Bandung: Rosda Karya.

Nurasiah at all.2015.Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Banda Aceh. Jurnal edisi Agustus 2015 ISSN 2302-0180. Diunduh 15 Desember 2015.

Nurdiana, Tutik. 2010. Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMP Taman Dewasa Cangkringan Sleman. Tesis.PPS UNY.

Nurmaini at all.2013.Kepemimpina Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Tesis.PPS FKIP UNTAN.

Omotore, Tope.2013.the New Roles of School Managers in Managing Educational Changes in Nigerian School. Natioanl Open University of Nigeria. European Scientific Journal September 2013 Edition Vol 9, No 25 ISSN: 1857-7881.

Priansa, D. J.2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.2011.Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahman at all. 2006.Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jatinagor:Alqaprint.

Ricceri, F. and Guthrie, J.200.“3rd workshop on Usualizing, Measuring, and Managing Intagibles & Intellectual Capital”,International Journal of Learning and Intellectual Capital, Vol.8, No.3. Diunduh pada 17 Desember 2015

Saeri.2006. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Unggulan (Studi Kasus di SDN Kalirejo I Bangil Kab.Pasuruan).Tesis. PPs Program Studi Manajemen Pendidikan UMM.

Solehan.2013. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim.Tesis.PPS Program Studi Menejemen Pendidikan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin.2006.Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Undang – Undang Republik IndonesiaNomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003.Jakarta: Diundangkan oleh Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Wahjosumidjo.2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Yuliana, Tetty. 2006. Kemampuan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)(Studi Kasus SMP N 2 Brebes). Tesis. PPS Universitas Negeri Semarang.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.