Internalisasi Nilai Multikultural pada Pola Asuh Anak Urang Banjar (Studi Etnografi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Batola)

Mahmudah Mahmudah, Tamjid Noor

Abstract


Indonesia merupakan negara yang paling majemuk baik dari sisi sosio-kultural maupun geografis. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara multikultural terbesar di dunia. Indonesia saat ini memiliki sekitar 13.000 pulau besar dan kecil, jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa dengan 300 suku yang menggunakan hampir 200 bahasa berbeda. Bangsa Indonesia terdiri dari kelompok-kelompok etnis, budaya, agama, dan lain-lain. Keanekaragaman yang ada di Indonesia merupakan suatu anugerah, tetapi juga mempunyai potensi munculnya konflik. Perasaan yang saling merasa bahwa suku yang satu lebih baik atau lebih unggul dari suku lainnya memicu permasalahan dalam masyarakat. Pentingnya internalisasi sikap multikulturalisme agar anak bisa berpikiran dewasa ketika menghadapi adanya perbedaan budaya yang ada di masyarakat, sehingga anak dapat menerapkan sikap toleransi khususnya bagi anak-anak urang Banjar yang tinggal di desa transmigran berdampingan dengan banyak suku dan kebudayaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai multikultural yang diinternalisasikan pada pola asuh anak urang Banjar dan untuk mengetahui proses internalisasi nilai multikultural pada pola asuh anak urang Banjar (studi etnografi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Batola). Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Nilai multikultural yang diinternalisasikan pada pola asuh anak urang Banjar merupakan nilai-nilai yang bersumber pada ajaran agama Islam. Nilai-nilai multikultural seperti toleransi, kebebasan, kesetaraan dan keadilan merupakan inti ajaran Islam. Sedangkan proses internalisasi nilai multikultural pada pola asuh anak urang Banjarmelalui beberapa tahap yakni pertama, orangtua yang permulaan mengenalkan anak pada nilai-nilai agama Islam. Kedua, Pada saat anak memasuki usia sekolah maka dimasukan ke sekolah berbasis agama seperti pesantren dan madrasah. Ketiga, orang tua akan aktif  dalam mengajak anak untuk berhadir di majlis-majlis ilmu

Keywords


Internalisasi, Nilai, Multikultural, Pola Asuh, Urang Banjar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. “Pendidikan Multikultural-Religius untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik yang Humanis-Religius.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2012). https://doi.org/10.14421/jpi.2011.11.89-103.

Arifudin, Iis. “Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah.” Jurnal Insania 12, no. 2 (2017).

Firman. Silang Budaya dan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Makalah. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2012.

Harman. Pendiidkan Multikultural Menurut Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 (Telaah Tafsir Al-Mishbah). Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2018.

Hasanah, Diana Shofiyatul. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Sikap Kreatid Siswa Kelas VIII di MTsN Gresik. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Qur’an, 2012.

Rosyidah, Ainur. Internalisasi Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VII MTs Sunan Giri Prigen. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Rufaida, Hasna. “Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS.” SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Educational Journal 4, no. 1 (2015).

Sapendi. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Pendidikan Tanpa Kekerasan).” Raheema 2, no. 1 (2015). https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.172.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Syam, Nur. Tantangan Multikulturalisme Indonesia: dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. Yogyakarta: Kanisisus, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.