Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar

Firmansah Firmansah, Wayan Lasmawan

Abstract


Salah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas cenderung mengacu pada teacher centered approach dimana guru lebih mendominasi dalam aktivitas pembelajaran.Dengan berbagai sumber data faktual sebagai dukungan dalam menyusun karya ilmiah dan memperoleh data-data dari literatur ilmiah seperti jurnal, dokumen, ensiklopedia dan buku bacaan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Dengan melakukan analisis, identifikasi konten (isi) untuk membuat sebuah kesimpulan secara sistematis, teknik pengumpulan datanya dengan observasi di sekolah, dan telaah pustaka.Murid diminta mengemukakan pendapat dari pengalaman yang pernah dilihatnya secara kelompok, Murid diminta membaca sebuah buku, Murid diminta mendemonstrasikan pelajaran yang dipelajari berkaitan dengan materi, Murid diharapkan mencatat pembelajaran sebagai bahan yang dapat dipelajari kembali. Guru dalam memberikan pelajaran dibutuhkan stimulus dan kreatifitas untuk mengembalikan gairah belajar dan tidak merasa jenuh serta akan mepermudah murid dalam pembelajaran untuk dapat mengertiSalah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. Sedangkan, minat belajar merupakan suatu gejala psikologis yang ditandai dengan adanya rasa senang.

Keywords


Strategi, Minat Belajar, Pelajaran

Full Text:

PDF

References


Amaluddin, St Wardah Hanafie Das, and Muhammad Nasir S. “Character Education Early Childhood: Brain-Based Teaching Approach.” International Journal of Pure and Applied Mathematics 119, no. 18 (December 23, 2018): 1229–45. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.8.

Astiti, Putri, Jenny Ratna Suminar, and Agus Rahmat. “Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan.” Jurnal Kajian Komunikasi 6, no. 1 (June 29, 2018): 1–9. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738.

Hanafie, St Wardah, and Abdul Halik. “Manajemen Pengendalian Mutu Sekolah: Implementasi pada SMA Negeri di Parepare.” Prosiding 2, no. 1 (May 1, 2016). https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/371.

Ibrahim, Abdul Syukur. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1046779.

Suparno, Paul. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapken Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius, 2004. //library.fmipa.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5321&keywords=.

Trismayanti, Suci. “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2019): 141–58. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045.

Trisnadewi, Komang Ary, M. Ed Drs. I Wayan Darsana, and M. Kes Drs. I Komang Ngurah Wiyasa. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.” MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (November 4, 2014). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4236.

Triwardhani, Ike Junita, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati, and Raditya Pratama Putra. “Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah.” Jurnal Kajian Komunikasi 8, no. 1 (June 22, 2020): 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Zamroni, Zamroni. “Pendidikan Islam Berorientasi Masa Depan; Konsep Pendidikan Ulul Albab Perspektif Imam Suprayogo.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 1, no. 1 (2014). https://doi.org/10.33650/at-turas.v1i1.152.

Zulfiati, Heri Maria. “Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis ICT (Information and Communications Technology) dengan Aplikasi Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 1, no. 1 (2014): 39–58. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.