Penerapan Model Instructional Games dengan Platform Kahoot! sebagai Alat Penilaian untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Muftahatus Saadah, Misbahul Jannah, Ravi Dwi Ramandhika, Nur Syapika Adila, Gismina Tri Rahmayati

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuat pendidik semakin ingin belajar dan mengetahui cara efektif yang dilakukan untuk memberi penilaian kepada peserta terutama pada saat pembelajaran daring dengan platform kahoot! yang sangat efektif digunakan sebagai alat penilaian. Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan Model Instructional Games menggunakan Platform Kahoot! sebagai alat penilaian pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mumtaz Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Platform Kahoot! merupakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif, pada tahap perencanaan guru membuat atau menyiapkan media untuk dijadikan bahan penilaian, pada pelaksanaan terdapat tahap-tahap yakni kegiatan awal, inti dan akhir menjadikan proses timbul adanya interaksi dan kompetisi dalam penerapan Platform Kahoot!, Pada tahap evaluasi Platform Kahoot! sebagai alat penilaian yang dikemas sangat menarik, saling berkompetisi, memotivasi peserta didik dan dimanfaatkan guru untuk memudahkan proses penilaian pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Instructional Games, Platform Kahoot, Alat Penilaian, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Atika, Nur Apriyanti, dan Muassomah Muassomah. “Penggunaan Media Kahoot! sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah (imla’) Bahasa Arab di Era Industri 4.0.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2020): 277–97. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1256.

Bunyamin, Aceng Cucu, Dewi Rika Juita, dan Noer Syalsiah. “Penggunaan Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran.” Gunahumas 3, no. 1 (2020): 43–50. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388.

Daryanes, Febblina, dan Deci Ririen. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa.” Journal of Natural Science and Integration 3, no. 2 (2020): 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283.

Fazriyah, Nurul, Aas Saraswati, Jaka Permana, dan Rina Indriani. “Penggunaan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Media dan Sumber Pembelajaran SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6, no. 1 (2020): 139–47. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119.

Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21–46.

Hugo Aries Suprapto, Muhammad Rusdi, Paryono. Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan bagi Guru Sekolah Dasar “Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi 01, no. c (2018): 81–88.

Irwan.”Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran 2, no. 1 (2019): 1–15.

Jaya, I.M.L.M. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. Anak Hebat Indonesia, 2020.

Mia Nurwanti, R. Ading Pramadi dan Milla Listiawati. “Penerapan Model Instructional Games Menggunakan Hot Potatoes untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian Tindakakan Kelas Smp Negeri 2 Tanjungsiang-Subang)” 5, no. 1 (2015): 1–12.

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.

Nasution, Widi Harawi Rizqi. “Pemanfaatan Media Kahoot dalam pembelajaran IPA pada Sekolah Dasar di Era Revolusi 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3 (2019): 894–98.

Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, t.t.

Sulistiyawati, Wiwik, Rijalush Sholikhin, Dian Septi, Nur Afifah, Tomi Listiawan, Wahana Matematika, dan Jurnal Matematika. “Peranan Game Edukasi Kahoot ! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika” 15, no. 1 (202M): 46–57.

Waslaluddin, A W, dan A N Enjang. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CAI Model Instructional Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, no. October (2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.