Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong

Budiman Budiman

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meneliti gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan deskripsi komparatif. Menurut Denzin dan Licolin yang dikutip oleh Lexy J. Moleong, penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan latar belakang ilmiah yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan menggunakan berbagai metode yang ada. Dari pemaparan yang telah diuraikan maka dapat di konklusikan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah muhammadiyah karang anyar adalah tipe pemimpin yang Demokratis, Transformatif dan Kharismatik.1) Kemudian secara pengelolaan seluruh sarana dan prasarana sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana yang telah dikemukakan para ahli, yaitu Merencanakan, Pengadaan, Penyimpanan, Penyaluran, Pendayagunaan, Pemeliharaan, Penginventarisan, Penghapusan. 2) Dampak positif yang diaplikasikan dalam gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah meningkatnya penambahan bangunan gedung belajar maupun fasilitas umum lainya seperti Wc dan Tempat berwudhu serta meningkatnya peminat peserta didik untuk menempuh pendidikan di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah karang anyar, begitu juga respon positif yang ditimbulkan oleh masyarakat umum, ketika kepala madrasah serta dewan guru menyambut kedatangan anak didiknya di depan pintu gerbang seraya bertegur sapa dan menyalami anak didiknya yang baru datang.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah , Pengelolaan SARPRAS

Full Text:

PDF

References


Aprilana. Kristiawa. and Hafulyon. ‘Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang.’Islamic Teacher Journal 4.No.1 (2017) v.4i.1.1975” (n.d.).

Astuti et Al., “Strategi Pembelajan dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0.”Seminar Nasional Pasca Sarjana 2019,2.No.1.2019:467-73, n.d.

Datuk. ‘Sistem Zonasi Sebagai Solusi bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak yang Bermutu Di Kota Kupang.’Innovation Education Journal 2,No.2.2020.v.40” (n.d.).

Irawan. Nurhadi. and Yuhastina, “Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta.”Jipsindo 8,No.1.2021.V8i1.38533, n.d.

Kahar. “Pendidikan Ibadah Muhammad Hasbi Ash- Shiddieqy.”Jurnal Pendidikan Islam 12,No.1.2019.20.V12i1.1902, n.d.

Khikmah. “Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan.”Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3.2020:123-30.V3i22020p123, n.d.

Kodiran. “Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8,No.2 2019 338-59.V8i2.3201, n.d.

Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.