Pengembangan Media Lagu Materi Surah Pendek Kelas I MI

Muhammad Iqbal Ansari, Sari Kumala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek dalam mata pelajaran Qur’an Hadits untuk kelas I di MI Nurul Ulum Banjarmasin. Kemudian menguji tingkat validitas dan efektifitasnya. Penelitian ini diawali dengan proses menganalisis spesifikasi produk, validitas produk, dan efektifitas produk sebagai bahan belajar peserta didik. Proses penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research & Development yang mengadaptasi prosedur versi Borg dan Gall. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang dilibatkan dalam proses uji coba produk. Data hasil penelitian diperoleh dengan observasi dan kuesioner, serta pre-test dan post-test yang selanjutnya dianalisa dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek telah memenuhi kriteria valid, menarik, dan efektif yang dibuktikan dengan data hasil tanggapan siswa mencapai 100% yang masuk di kriteria paling menarik dan juga terdapat peningkatan pada hasil post-test dengan nilai rata-rata 91,5, lebih besar dari pencapain nilai rata-rata pre-test dengan nilai 73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek layak dipergunakan dalam pembelajaran Qur’an Hadits kelas I MI.


Keywords


Media Lagu, Surah Pendek, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Ansari, Muhammad Iqbal. Penerapan Metode Bernyanyi pada Pembelajaran Tajwid di Rumah Qur’an An-Nur Banjarmasin, BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 2. Desember. 2019.

Azza, Fitriana. Lirik Lagu dalam Buku Kumpulan Lagu Qur’any karya KH. M. Qoyyim Ya’qub Perspektif Hermeneutika Jorge J. E Gracia. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya. 2018.

Bire, A.L. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan 44. No 2. 2014.

DePorter, Bobby. & MohHernacki. Quantum Learninng: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning. 2015

Fajriah, Dian Nurul. Pendidikan Akhlak pada Anak MI/SD Melalui Media Lagu Gubahan. Jurnal Abdau Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol.1 No. 1. Juni. 2018.

Hasbillah, Ahmad Ubaydi. Ilmu Living Quran-Hadis. Tangerang: Maktabah Darus-Sunnah. 2018.

Komalasari, Oom. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur. Skripsi STAIN Porwokerto. 2015.

Lestari, Fitri. dan Resa Respati. Pentingnya Bahan Ajar Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Seni Musik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.8. No.3. 2018

Lutfi, Ahmad. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits MI. Jakarta: Departemen Agama RI. 2018.

Machmudah, Umi. & Rosyadi. A.W. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press. 2010.

Qardhawi, Yusuf. Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press. 2014.

Rafiq, Ahmad. Living Qur’an: Its Texts and Practices in the Functions of the Scripture. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis Vol. 22. No. 2, Juli. 2021.

Ridwan dan A.Fajar Awaluddin. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Didaktika Jurnal Kependidikan. Fakultas Tarbiyah IAIN Bone Vol. 13. No. 1. Juni. 2019.

Sugiyono. Metode Pendidikan (Kuantitatif. Kualitatif. Kombinasi. R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2018.

Sukayat, Tata. Nadzom Sebagai Media Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Cendekia Vol. 15 No. 2. Juli – Desember. 2017.

Tasraunah. Penerapan Lirik Lagu Religius dalam Peningkatan Motivasi Belajar Al-Qur’an di TPQ Bina Insani Ma’rifatullah Desa Sadar Kecamatan Bone-Bone. Skripsi IAIN Palopo. 2016.

Tohe, Achmad. Kerancuan Pemahaman Antara Syi'irdan Nadzam dalam Kesusastraan Arab. Jurnal Bahasa dan Seni. Tahun 31. Nomor 1. Februari. 2003.

Zulaiha, Eni. dan B Busro. Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran Terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum di Kota Bandung. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran dan Hadis vol. 4. no 2. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.