Penggunaan Buku Digital Anak Islam (BADAI) sebagai Media Pembelajaran Akhlak bagi Siswa SD

Muhammad Fajar Al Kausar, Jihan Karimah, Siska Dwi Amelia, Zulfa Paolina, Ani Nur Aeni

Abstract


Perkembangan teknologi menjadikan pendukung dalam kemajuan pendidikan terutama dalam media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD. Kemajuan teknologi menghadirkan permasalahan yang menjadikan siswa masih kurang dalam mencerminkan perilaku terpuji. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dihadirkan dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa, yaitu dengan Buku Digital Anak Islam (BADAI) yang merupakan salah satu produk media pembelajaran digital yang berisi materi mengenai perilaku terpuji yang harus dilakukan oleh siswa kelas 2 SDN Mindi II, materi ini termuat dalam buku digital yang dapat diakses dalam bentuk flipbook. Buku Digital Anak Islam (BADAI) tidak hanya berisikan tentang materi perilaku terpuji saja tetapi juga berisikan tentang sebuah latihan dari materi terkait yang dapat dikerjakan siswa yang tujuannya untuk penguatan sikap terpuji siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudahkan guru serta menarik perhatian siswa dalam proses belajar dan mengajar Pendidikan Agama Islam. Metode dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan model penelitian D&D (Design and Development) atau desain dan pengembangan, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mindi II dengan subjek peneliti adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian berdasarkan sudut pandang guru, siswa dan juga para pengguna atau ahli lapangan serta angket yang disebar melalui google form,  produk ini mendapatkan predikat “sangat baik”. Penggunaan Buku Digital Anak Islam (BADAI) dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku terpuji kelas 2 SD, karena merupakan salah satu sumber media pembelajaran siswa SD yang efektif dan efisien dalam menarik minat dan motivasi belajar siswa.


Keywords


BADAI (Buku Digital Anak Islam), Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. “Menanamkan Disiplin pada Anak.” Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 9, no. 1 (t.t.): 17–29.

———. “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (11 Agustus 2014): 50–58. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.863.

———. “Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 12 (2010).

Aeni, Ani Nur, Anissa Nur Nofriani, Irsa Ayuni Fauziah, dan Irgi Ahmad Fauzi. “Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest dalam Membentuk Kepribadian Islami bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2, no. 6 (29 Juni 2022): 279–87. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183.

Alawi, Asep Habib Idrus. “Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia (Studi SD IT Asy Syifa Kota Bandung).” ). J Qiro’ah 9, no. 1 (2019).

Anggraeni, Feni, Alya Syifani, Nanda Nurfadhillah, dan Ani Nur Aeni. “BOPAK (Book of Plans Akhlakul Karimah) Berbasis Barcode untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Kelas IV SD.” Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 1 (30 Juni 2022): 1–14. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v3i1.106.

Baharun, Hasan. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik, 2017.

Ginanjar, Muhammad Hidayat, dan Nia Kurniawati. “Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 02 (21 November 2017): 25. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.181.

J., T. Ellis, dan Levy Y. “A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods.” Proceedings of the 2010 InSITE Conference, 2010.

Klein, Rita C. Richey, James D. Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. New York: Routledge, 2014. https://doi.org/10.4324/9780203826034.

Muflihin, Ahmad. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (9 Mei 2020): 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103.

Noeng, Muhadjir. Pengukuran Kepribadian Telaah Konsep dan Teknik Penyusunan Test Psikomotorik dan Skala Sikap. Yogyakarta: Rake Serasin, 1992.

Peffers, Ken, Tuure Tuunanen, Marcus Rothenberger, dan S. Chatterjee. “A design science research methodology for information systems research.” Journal of Management Information Systems 24, no. 3 (1 Januari 2007): 45–77.

Yusuf, Tubagus Faris Maulana, Rika Nurhidayah, Tessa Salma Monika, Wulan Lestari, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan EMODI (E-Modul Interaktif) Materi Akhlak Terpuji dalam Pembelajaran Agama Islam Kelas 6 SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (16 Mei 2022): 739–53. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1065.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.