Pengembangan Aplikasi BIS (Belajar Infaq dan Sedekah) Berbasis Thunkable untuk Menumbuhkan Kesadaran Menunaikan Sedekah dan Infaq pada Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Dzar Alghifa, Siti Nur Hayati Meidi, Ani Nur Aeni, Zulfan Kamal Nasution

Abstract


Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memiliki jiwa dermawan dengan tujuan untuk mengingat karunia Allah dari berbagai nikmat yang diberikan-Nya. Sedekah disunnahkan bagi orang-orang yang memiliki kelebihan harta. Untuk menerapkan hal itu, dilakukanlah berbagai macam proses untuk penanaman karakteristik sejak dini. Edukasi melalui aplikasi pembelajaran android merupakan salah satu langkah yang tepat mengingat perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat dan mudah diakses oleh segala kalangaan termasuk anak-anak. Sehingga kami mengembangkan aplikasi BIS (Belajar Infaq dan Sedekah) berbasis thunkable untuk menumbuhkan kesadaran menunaikan sedekah dan infaq pada siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk menyadarkan pentingnya penanaman pengetahuan sedekah dan infaq diusia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan melakukan wawancara kepada salah satu guru dan peserta didik kelas 6 di SD Sukamaju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Maka hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah yang pertama mengetahui desain menarik yang diguanakan dalam aplikasi BIS sebagai media edukasi, kedua mengetahui bahan-bahan edukasi yang menarik, ketiga mengetahui bagaimana penilaian ahli mengenai aplikasi BIS untuk pembelajaran PAI di SD.


Keywords


Sedekah, Infaq, D&D, BIS, Siswa

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur, Rifal Adireza, Detya Eka Nurwanty Putri, and Risma Utari. “Pemanfaatan E – Book Jenis WOW (World Of Wedding) untuk Meningkatkan Pengetahuan Pernikahan dalam Islam di Kalangan Mahasiswa.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16, no. 5 (2022): 1721. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1153.

Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Rini Nursaadah, Salsabila Baliani, and Putri Sopian. “Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Development of Word Wall Educative Game As Learning Media To Understand Islamic Religious Education Learning Subjects for Eleme.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022): 1835–52.

Aeni, Ani Nur, Tiara Erlina, Diana Puspita Dewi, Fakhri Luqman Hadi, and Safitri Ramadhani. “Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 9, no. 1 (2022): 101–13. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203.

Amelia, Mira. “Pengembangan Media Pembelajaran : Aplikasi Fun Edu’kids Islamic Berbasis Ibuildapp pada Materi Kisah Keteladanan Para Nabi Di Kelas V SD.” Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 02 (2022): 275–83.

Ani, Nur Aeni. “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): 50–58.

Audina, Devia, Melinda Khaerunnisa, Yuni Nur Adilah, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan E-Modul Interaktif ASYBEDU ( Asyiknya Belajar Wudhu ) untuk Memudahkan Siswa SD dalam Praktik Wudhu” 7 (2023): 1–8.

Kadariah, Siti, and M. Shabri Abd. Majid. “Krisis Ekonomi dalam Perspektif Islam.” Jurnal EMT KITA 7, no. 1 (2023): 18–24. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.717.

Nomor, Undang-undang, Tentang Sistem, and Pendidikan Nasional. “Media Pembelajaran dalam PAI 3 Sep 2016,” 2003, 1–20.

Ripki, M. “Pentingnya Kepedulian Sosial di Setiap Musibah dan Bencana serta Meringankan Ekonomi di Tengah Maraknya Wabah Virus Covid19.” Osf.Io, 2020.

Rohmah, Khoiru, and Ahmad Badi’. Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Pasar pada Toko Roti Merah Delima Kediri.” At-Tamwil 2, no. 2 (2020): 218–36.

Ubabuddin, and Umi Nasikhah. “Peran Zakat, Infaq dan Shadaqah dalam Kehidupan.” Ilmiah Al-Muttaqin 6, no. 1 (2021): 60–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.