Pengaruh Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Peserta Didik Kelas IV di SD Gmit Puntaru

Petrus Mau Tellu Dony, Antonius A Saetban, Yermia Semuel Wabang, Marudin Marudin, Muhammad Nasir

Abstract


Rumusan permasalahan penelitian ini ialah Apakah Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Peserta Didik Kelas IV di SD GMIT Puntaru. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi terhadap kemampuan berbicara peserta didik serta peningkatan kemampuan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen Nonequivalent Control Group Design, dalam pelaksanaannya menggunakan dua kelas dimana salah satu kelas diberi perlakuan metode diskusi sedangkan kelas lainnya tidak. Pelaksaan penelitian ini dilakukan di kelas IVA dan IVB dengan sistem pemilihan peserta didik. Keberhasilan pembelajaran pada penelitian ini ditinjau dari adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kontrol, peningkatan kemampuan, aktivitas peserta didik, serta respon positif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah data skor melalui tes lisan peserta didik Angket observasi guna mengetahui aktivitas peserta didik, serta angket respon guna mengetahui pendapat peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terlihat dari thitung ≥ ttabel yakni 5,493 ≥ 2,086 yang berarti antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan hasil yang sangat signifikan. Selain itu, uji NGain Score dengan hasil kelas eksperimen memiliki presentase rata-rata 65,31 “Cukup Efektif” sedangkan pada kelas kontrol hanya 46,72 “Kurang Efektif”. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan metode diskusi menunjukkan presentase keaktifan sebesar 91% “Sangat Aktif”. Selain itu respon peserta didik menunjukkan sebesar 87% peserta didik merasa “Sangat Mampu” apabila pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi.


Keywords


Pengaruh, Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dan Joko Tri Prasetyo. Strategi Belajar Mengajar. 1 ed. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, 2018.

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Febnasari, Sindy Deni, Zainal Arifin, dan Eka Sari Setianingsih. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Strategi ‘TPS’ Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 3 (2019).

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Karnadi. “Pengaruh Jenis Kelamin Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Anak Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 2 (2009).

Menge, Theresia. “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan Bagi Siswa Kelas II SDI Ende 10.” JURNAL LITERASI: Pendidikan Dan Humaniora 7, no. 1 (31 Maret 2022).

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Sudjana. “Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar” 4, no. 20 (2010).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Supriyati, Ika. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu.” BAHASA DAN SASTRA 5, no. 1 (3 April 2019).

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.

Yoni, Acep. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia, 2010.

Zulhafizh. “Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. E-Book, (Online Class),” 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.