Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STL (Scienc Technology Literacy) dalam Menguatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 di SDN Winong 01 Kabupaten Madiun

Inka Ardiani Giri Natalia, Pinkan Amita Tri Prasasti, Naniek Kusumawati

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SDN Winong 01 siswa kelas 5. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari produk E-book berbasis STL (Science Technology Literacy) dalam menguatkan pemahaman literasi sains. Dalam penelitian ini menggunakan 6 tahap saja yaitu: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain, f) uji coba produk. Produk tersebut mendapatkan hasil angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Nilai ahli materi 82% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai validasi dari ahli bahasa 84% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai validasi ahli media 82%, serta respon guru 92% dan siswa 85,5%. Produk E-book yang telah dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan hasil validasi “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-book berbasis STL (Science Technology Literacy) berada dalam kategori baik dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.


Keywords


E-book, STL (Science Technology Literacy), Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin Jamaluddin, dan Abdul Wahab Jufri. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5, no. 2 (29 November 2020).

Hernani, Hernani, dan Ahmad Mudzakir. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Dan Teknologi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 15, no. 1 (2010).

Maulida, Deby Rahmita, dan Joni Susilowibowo. “Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9, no. 3 (25 Desember 2021).

Prasasti, Pinkan Amita Tri. “Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran IPA Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 4, no. 1 (12 Mei 2017).

———. “Effectiveness of Scientific Approach in Science Learning with PBL Setting to Empower Science Process Skills.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 9, no. 2 (1 Agustus 2016): 14.

Prasasti, Pinkan Amita Tri, dan Ivayuni Listiani. Pengembangan Pembelajaran Sains SD. Madiun: UNIPMA Press, 2019.

———. “SETS: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, no. 0 (28 Maret 2019).

Prasasti, Pinkan Amita Tri, dan Ivayuni Listiyani. “Guided Experiments Book Berbasis Sets (Science Environment, Technology, And Society) Untuk Memberdayakan Science Process Skill Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan 10, no. 2 (31 Desember 2018).

Samatoa. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks, 2016.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Syaputra, Adi. “Analisis Perkembangan Aspek Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Dan Teknologi Di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan.” EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA 1, no. 2 (22 September 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.