Ular Tangga Berbasis Digital Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD

Taqiyyah Arifah Rajab, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Penggunaan media pembelajaran di dalam sebuah aktivitas pembelajaran dirasa penting, media sendiri merupakan alat yang menjembatani guru dan siswa di dalam pembelajaran. Dominasi metode ceramah dengan bantuan media buku terkadang membuat peserta didik bosan karenanya diperlukan media yang interaktif dan menyenangkan salah satunya adalah media ular tangga berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD dengan model ADDIE. Model ADDIE dimula dengan tahap analisis terdapat kesenjangan yakni dominannya metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media ular tangga dirancang dan diterapkan serta mengetahui kelayakan dari media tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu observasi, kuesioner, juga dokumentasi. Hasil validasi gabungan dari spesialis media, materi, dan bahasa memperoleh keseluruhan skor sebesar 83,4% dengan kriteria “Sangat valid, layak pakai”. Sedangkan hasil implementasi terhadap peserta didik memperoleh skor 94,2% dengan kriteria “Sangat layak/Sangat baik” dan untuk hasil respon guru mendapat skor 94,2% dengan kriteria “Sangat layak/Sangat baik”. Sehingga peserta didik kelas V Sekolah Dasar dapat menggunakan media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital pada pembelajaran tematik materi tema 3 sub tema 1 pembelajaran ke-3.


Keywords


Media pembelajaran, Ular Tangga Digital, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Amita Tri Prasasti, Pinkan, dan Candra Dewi. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. Untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (2020).

Anggraeni, Nur Oktavia, Yunus Abidin, dan Yona Wahyuningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 8, no. 1 (2023).

Anggraini, Meina Candra, dan Firosalia Kristin. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 10 (2022).

Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. 1 ed. New York: Springer Science & Business Media, 2009.

Christian, Imanuel Vicky, dan Arie Setiawan Prasida. “Developing Board Game as Learning Media About Waste Sorting For Fourth Grade Students of Elementary School.” Jurnal Prima Edukasia 6, no. 1 (2018).

Duta Manggala, Agung, Pinkan Amita, Tri Prasasti, dan Retno Palupi. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD/MI” 08 (2023).

Fatirul, Achmad Noor, dan Djoko Adi Walujo. Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2021). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran. Banten: Pascal Books, 2021.

Hermawan, Haidy, Sri Wardani, dan Sri Haryani. “Development of Website-Based Interactive Media in Natural and Social Science Subjects for Fourth Grade Students.” International Journal of Education and Research 11, no. 5 (2023).

Hesti, Hesti, Aslan Aslan, dan Rona Rona. “Problematika Pembelajaran Tematik Integratif Di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlaasul ‘Amal Sebawi.” Adiba: Journal of Education 2, no. 3 (2022).

Hidayat, Fitria, dan Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (2021).

Ibam, E., T. Adekunle, dan O. Agbonifo. “A Moral Education Learning System Based on the Snakes and Ladders Game.” EAI Endorsed Transactions on e-Learning 5, no. 17 (2018).

Khasanah, Q, Pinkan Amita, Tri Prasasti, dan Naniek Kusumawati. “Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2022).

Prasasti, P. A.T., dan I. Listiani. “Guided Experiments Book Based on SETS (Science, Environment, Technology, and Society) to Empower Science Literacy For Elementary School Students.” Journal of Physics: Conference Series 1318, no. 1–7 (2019).

Prastyo, Irman Said, dan Hartono Hartono. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Adobe Animate Cc Pada Materi Gerak Parabola.” Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA 10, no. 1 (2020).

Rahmasiwi, Dwinda Susi, Candra Dewi, dan Pinkan Amita Tri Prasasti. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 4, no. 1 (2023).

Rizky, Tania Linda, dan Heru Purnomo. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 7, no. 2 (2021).

Syaikhu, Arif Achmad, Yuniar Ika Putri Pranyata, dan Trija Fayeldi. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Electronic Snake and Ladder Pada Game-Based Learning.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 5, no. 1 (2022).

Tri Prasasti, Pinkan Amita. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual Office Mix Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun.” JPE: Jurnal Pendidikan Edutama 5, no. 2 (2018).

Wahidah, Alfionita Nurul, Maya Kartika & Sari, dan Ivayuni Listiani. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sekarputih 1.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.