Efektivitas Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar

Dian Novitasari, Ivayuni Listiani, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi pesan dan informasi yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Flip Book terhadap keterampilan menulis narasi kelas V SDN 03 Madiun Lor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan post-test only with nonequivalent control group design dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write). Populasi siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel diperiksa melalui tes sampling purposive dengan mengukur hasil keterampilan menulis narasi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, serta data yang mengukur hasil keterampilan menulis narasi siswa. Data yang diperoleh di uji dengan independent t-test. Hasil pengujian hasil keterampilan menulis narasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 03 Madiun Lor. Perbandingan antara keterampilan menulis narasi sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen meningkat 12,6. Keterampilan menulis narasi pada kelas kontrol menerima skor rata-rata 68,6 dan dikategorikan tinggi, dan kelas eksperimen menerima skor rata-rata 81,2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor ketika menggunakan media Flip Book untuk belajar. Oleh karena itu, menggunakan media Flip Book dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang menarik karena siswa dapat berpartisipasi secara langsung dalam proses pembelajaran dan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik.


Keywords


Keterampilan Menulis Narasi, Flip Book, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 no.2 (2018).

Atmojo, E. R. D. Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas 1 no.3 (2020).

Dayanti, Z. R. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah siswa kelas V di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 4 no.5 (2021).

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 no.4 (2020).

Fitriyan, Z., Prasasti, P. A. T., & Agustianti, T. L.. Pengembangan Media Space Book Berbasis QR Code Materi Tata Surya Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 no.1 (2023).

Hikmah, S. Analisis Kesulitan Menulis Ringkasan Bacaan Pada Tema 8 Subtema 2 Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 no.1 (2022).

Junaidi, J. Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3 no.1 (2019).

Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur, M. Investigating Think Talk Write (TTW) learning model to enhance primary students’ writing skill. Journal of Teaching and Learning in elementary Education (JTLEE), 1 no.1 (2018).

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. Guided experiments book based on SETS (Science, Environment, Technology, and Society) to empower science literacy for elementary school students. In Journal of Physics: Conference Series Vol. 1318, No. 1, (2019)

Rukmi, A. S. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (2022).

Setiawaty, R., & Sabardila, A. Bentuk-bentuk Kebahasaan Melayu Pattani dalam Praktik Pidato BIPA dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 no.2 (2019)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke.Bandung: Alfabeta, Bandung. (2019)

Sunarto. Pengembangan Kreativitas Inovatif dalam Pendidikan Seni melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika 8 no.2 (2018).

Triaji, C. L., Yayuk, E., & Fithriyanasari, E. Contextual Teaching and Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 no.2 (2019).

Utami, F. M., Listiani, I., & Sari, M. K. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.