Inovasi dan Difusi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam

Syaumi Safitri, Ani Cahyadi, Husnul Yaqin

Abstract


Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan manajemen Pendidikan Islam agaknya dapat diidentikkan dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan, yaitu dalam pembelajaran pendidikan Islam. Ruang lingkup teknologi pendidikan, di antaranya adalah desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi dan difusi pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka. Bentuk inovasi pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan islam ialah Ujian Nasional Berbasis Komputer, Pemanfaatan konsep e-madrasah, Pengembangan SDM, Media Pembelajaran, Peningkatan kinerja lembaga, Layanan akademik, Penyebaran informasi lembaga dan lainnya. Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam memperbaiki mutu pendidikan Islam, ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru; harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru; guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu siswa agar mencapai standar akademik.


Keywords


Inovasi, Difusi, Teknologi Informasi, Manajemen Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Agus Ali dan Mohamad Erihadiana. “Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Dirosah Islamiyah Vol. 4, no. 1 (2022).

Arbain Nurdin. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology.” Tadris Vol. 11, no. 1 (Juni 2016).

Asep Sopian, Eko Budi Prasetyo, Supiana, dan Qiqi Yuliati Zaqiah. “Pengelolaan (Managing) Teknologi Pendidikan dan Peranannya pada Pendidikan Agama Islam.” Edumaspul Vol. 6, no. 1 (2022).

Cahya Fajar Budi Hartanto, Steaven Octavianus, dan Andi Mardiana Paduppai. “Kesiapan Sumber Daya Manusia Pendidikan dalam Difusi Inovasi Teknologi Informasi di Lembaga Pendidikan.” Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, Juli 2022.

Dadan Iskndar dan Dirgahayu Maha Restu. “Difusi Inovasi Siaran Televisi Digital pada Masyarakat Jakarta.” Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, Tanjung Benoa-Bali, Nopember 2019.

Dewi Nilamsari. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Inovasi Tenaga Kependidikan dan Penggunaan Teknologi Informasi.” Universitas Lambung Mangkurat, 2022.

Irkham Abdaul Huda. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2, no. 1 (2020).

Juli Amaliya Nasucha. “Difusi dan Desiminasi Inovasi Pendidikan.” INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. No. 2 (April 2021).

Muhamad Dejan Rahman Algifari. “Pendidikan yang Semakin Maju dan Inovatif.” Universitas Lambung Mangkurat, 2022.

Muhammad Aji Nugroho. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah.” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Vol. 6, no. 1 (Juni 2014).

Muhammad Yaumi. “Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan Vol. 14, no. 1 (Juni 2011).

Prana Wahyu Tri Adji Pradika. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Dirosah Islamiyah Vol. 4, no. 2 (2022).

Zalik Nuryana. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal TAMADDUN – FAI UMG Vol. 14, no. 1 (Januari 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.