IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QURAN di SDIT IHSANUL AMAL ALABIO

Ahmad Rifa'i

Abstract


Pendahuluan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, memahami, dan mendeskripsikan tentang: Metode Ummi yang dikembangkan di SDIT Ihsanul Amal : (1) Implementasi metode Ummi di SDIT Ihsanul Amal Alabio, (2) Kualitas bacaan al-Quran setelah diterapkan metode Ummi.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus (case studies). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Bidang Kurikulum, siswa, dan Kordinator Ummi.

Hasil : (1) Implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca al-Quran yaitu Pembelajaran al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal 8 JP/minggu, guru yang mengajar mendapatkan sertifikasi dari Ummi Foundation, guru-guru yang mengajar di SDIT ini juga kebanyakan hafizh-hafizah al-Quran, evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, mingguan, bulanan dan semester; (2) Kualitas membaca al-Quran setelah diterapkan metode Ummi menghasilkan bacaan al-Quran yang baik dan sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang berlaku.


Keywords


Implementasi, Metode Ummi, SDIT Ihsanul Amal.

Full Text:

PDF

References


As-Syilasyabi , Abu Yahya. Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm, 2007

Arifin, HM. kapita Selekta Pendidikan Nasional (Islam dan Umum). Jakarta: CV. Bumi Aksara, 2000

Al Ghazali , Imam. Terjemah Ihya’ Ulumuddin Jilid I. Semarang : CV. As Syifa’, 1990

Anas ,Sudiyono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.1998

Foundation , Ummi. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya: Lembaga Ummi Foundation, 2011

Indriana, Dina . Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press, 2011

Muda Harahap , Hakim. Rahasia Al-Quran. Depok : Darul Hikmah, 2007

Muhammad Ibnu Ismail, Imam Abu Abdillahi. Kitab Shahih Bukhori. Beirut, Lebanon: Darul Kutub Al Ilmiyah, 1992

Munjin Nasih , Ahmad dan Nur Kholidah, Lilik. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama, 2009

Maidir , Harun, dkk. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta:DEPAG badan Litbang dan Puslitbang, 2007

Masruri “Belajar Mudah Membaca Al-Qur’an Ummi”. Surabaya: Lembaga Ummi Foundation, 2007

Muhammbad, Fand Ats-Tsuwaini. 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an, terj., Dwi Ratnasari. Yogyakarta: Al-Ajda Press, 2009

RI Depag. Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1997

Undang-undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidiakan Nasional, BAB II pasal 3 tentang Dasar, fungsi dan tujuan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.