Analisis Kualitas Butir Soal Tematik Madrasah Ibtidaiyah Menggunakan Model Rasch

Rovika Meisya, Raudhatul Jannah, Syahrul Ramadhan

Abstract


Analisis soal merupakan hal yang sangat penting, karena mampu membantu guru untuk mengetahui apakah alat pengukuran yang diberikan kepada siswa benar-benar mampu mengukur kemampuan siswa. Beberapa hal yang perlu dianalisis dari soal dan hasil belajar siswa adalah kesesuaian butir soal, tingkat kesukaran dan juga abilitas siswa. Maka dari artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif kuantitatif dan bersifat evaluatif. Subjek penelitian adalah jawaban siswa kelas II di salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat terhadap soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Tematik. Analisis data hasil belajar siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi winstep 3.73. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa soal Asesmen Tematik memiliki kesesuaian dengan karakteristik fit karena mampu memenuhi minimal satu dari tiga kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian soal memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi karena satu soal masuk pada kategori terlalu sulit dan satu soal terlalu mudah.


Keywords


Analisis Butir Soal, Rasch Model, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


All, Dikdas, and Rights Reserved. “Analisis Soal Ujian Matematika Berkategori Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Siswa SMP Dengan Analisis Rasch Model” 7, no. 1 (2023).

Ardiyanti, Difa. “Aplikasi Model Rasch Pada Pengembangan Skala Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa.” Jurnal Psikologi 43, no. 3 (2017).

Fauziana, Anis, and Andhita Dessy Wulansari. “Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian Di Sekolah Dasar Dengan Model Rasch.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 6 (2021).

Hanna, Wiwin Fajriah, and Heri Retnawati. “Analisis Kualitas Butir Soal Matematika Menggunakan Model Rasch Dengan Bantuan Software Quest Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.” AKSIOMA Journal of Mathematics Education 11, no. 4 (2022).

Haryanto. Evaluasi Pembelajaran; Konsep Dan Manajemen. UNY Press, 2020.

Sumintono, Bambang, and Wahyu Widhiarso. “Penilaian Pendidikan Dan Ujian.” Aplikasi Rasch Pemodelan Pada Assessment Pendidikan, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.