Pertumbuhan Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sains Berbasis Humanistis-Algoritmik-Heuristik

Sudarto Sudarto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain One-Shot Case Study. Responden dalam penelitian ini adalah Kelas V SD Inp. 12/79 Biru Watampone yang terdiri dari 15 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Angket. Data yang dikumpulkan adalah data mengenai karakter peserta didik yang bertumbuh selama penerapan model pembelajaran tersebut. Analisis data menggunakan analisis isi dan  persentase Hasil: pertumbuhan karakter peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Sains berbasis humanistis-algoritmik-heuristik digambarkan sebagai berikut: sebanyak 6 orang atau 40 % peserta didik telah tumbuh lima karakter pada dirinya, yaitu karakter: (1) sopan santun, (2) kejujuran, (3) kedisiplinan, (4) sabar, dan (5) suka menolong.; sebanyak 8 orang atau 53,33 % peserta didik telah tumbuh  empat karakter pada dirinya, yaitu :  (1) sopan santun, (2) kejujuran, (3) kedisiplinan, dan (4) sabar; sebanyak 12 orang atau 80 % peserta didik telah tumbuh tiga karakter pada dirinya, yaitu:  (1) sopan santun, (2) kedisiplinan, dan (3) sabar; sebanyak empat belas orang atau 93,33 % peserta didik telah tumbuh dua karakter pada dirinya, yaitu:  (1) sopan santun dan (2) suka menolong. Kesimpulan: melalui model pembelajaran Sains berbasis humanistis-algoritmik-heuristik semua siswa mengalami pertumbuhan karakter.


Keywords


Peserta Didik, Model Pembelajaran Sains, Humanistis, Algoritmik, Heuristik

Full Text:

PDF

References


Detiknews. “Kemendikbud Apresiasi Survei Siswa Indonesia Paling Bahagia di Dunia.” Diakses 28 Oktober 2023. https://news.detik.com/berita/d-2432958/kemendikbud-apresiasi-survei-siswa-indonesia-paling-bahagia-di-dunia.

Fahmi, Muhammad Khairul. “Nilai-Nilai karakter Pendidik Dan Peserta Didik Perspektif Imam Nawawi Ad-Dimasyqi Dalam Kitab Ath-Thibyan Fii Adabi Hamalatil Quran (Implementasi Membangun Karakter Pendidik Dan Peserta Didik Masyarakat Pendidikan).” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA, 2022.

Harahap, Ade Chita Putri. “Character Building Pendidikan Karakter.” AL-IRSYAD: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 9, no. 1 (4 Desember 2019).

Jannah, Novaria Lailatul. “Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 1 (2 Maret 2017).

Milani, Ni Wayan Somya Martha, I Nyoman Suardana, I Ketut Dedi Agung Susanto Putra, dan I Putu Oka Suardana. “Penguatan Karakter Dalam Pendidikan Keluarga, Hikmah Covid-19.” Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka 4, no. 1 (2022).

Putri, Riyan Aryuning, Ika Ari Pratiwi, dan M. Syafruddin Kuryanto. “Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 9, no. 1 (30 Mei 2022).

Setyaningrum, Yanur, dan Husamah. “Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA-Biologi.” JIP Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (2020).

Sudarto. “Model Pembelajaran Sains Humanistik Algoritmik Heuristik Menumbuh Kembangkan Karakter Dan Intelektual Peserta Didik.” Jurnal Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 2, no. 1 (Oktober 2016).

Syafi’i, Imam. “Tinjauan Filosofis tentang Kebutuhan dan Tanggung Jawab Peserta Didik.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019).

Wahyuni, Sri, Bongguk Haloho, Ulung Napitu, dan Corry Corry. “Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu.” Journal on Education 5, no. 4 (21 April 2023).

Yusuf, Achmad. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan. Depok: Rajawali Pers., 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.