Integrasi Keislaman pada Matapelajaran SBdP untuk Membentuk Karakter Kerja Keras Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Indra Mu'thi Ali, Nafa Indah Budi Lestari, Futihatul Janah, Muhammad Najib, Dwi Ayu Nabila

Abstract


Pergeseran life style membentuk pola hidup generasi saat ini untuk mendapatkan segala sesuatu dengan mudah, cepan dan instan yang berakibat pada kebiasaan mudah menyerah menghadapi sesuatu, dan kurang bekerja keras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Integrasi nilai Islam pada matapelajaran SBdP untuk membentuk karakter kerja keras siswa di MI Nurul Muhajirin. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembelajaran SBdP terintegrasi nilai Islam guna membentuk karakter kerja keras peserta didik pada penlitian ini berfokus pada materi mengenal karya kerajinan nusantara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman teknik. Temuan lapangan menunjukkan karakter kerja keras yang ditanamkan meliputi 3 indikator yaitu mencapai tujuan hingga tercapai, pantang menyerah dan pantang menyerah menghadapi masalah. Dalam mencapai tiga indikator tersebut dilakukan tiga penugasan kepada siswa yaitu identifikasi batik surakarta, menggambar batik dan mempresentasikan hasil kerja. Integrasi nilai Islam pada pembelajaran SBdP menhubungkan Hadis Riwayat Muslim dan Ibnu Mas’ud pada kegiatan pendahuluan dan QS. Al-Insyirah ayat 7-8 berikut terjemahannya serta menceritakan kisah Mus’ab bin Umair pada saat mengevaluasi pembelajaran.


Keywords


Integrasi, Keislaman, SBdP, Kerja Keras

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, dan Nur Kholik Afandi. “Pengembangan Pendidikan Karakter Perspektif Barat dan Islam.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 6, no. 2 (30 Desember 2021).

Anik Indramawan. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak.” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 1, no. 1 (29 November 2020).

Apriyani, Apriyani, Ayu Septiana, dan Nur Affifah Izatun Nisa R. “Tinjauan Proses Belajar Seni Tari Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Sekolah Menengah Pertama.” Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan 21, no. 1 (27 Januari 2023).

Apriyanti, Masayu Endang. “Pentingnya Manajemen Diri Dalam Berwirausaha.” Jurnal USAHA 1, no. 1 (6 Juni 2020).

Atieka, Try Apriani, dan Irma Budiana. “Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora 2, no. 2 (September 2019).

Endah Tyara, et al. The Power Of Kasih Ibu. Jakarta: Edu Publisher, 2021.

Faiz, Aiman. “Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 27, no. 2 (1 September 2021).

Halim, Zulkifli Riki Saputra Syaflin Halim. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Mata Pembelajaran Seni Budaya Di MTs Negeri 5 Padang.” TARBAWI KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022).

Hanny Nur Alifia, Dhias Salma, Muh. Husein Arifin, Tuti Istianti. “Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2021).

Hasanah, Uswatun. “Implementasi Nilai-nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Milenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Industri 4.0.” Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (26 Januari 2021).

Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, dan Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10, no. 1 (11 Februari 2020).

Hidayat, Wahyu. “Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi.” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (30 April 2017).

Iriany, Ieke Sartika. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Revitali Jati Diri Bangsa.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (2014).

Ismail, Shalahudin, Mamun Zahrudin, Nurwadjah Ahmad, dan Andewi Suhartini. “Pembentukan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (1 Desember 2020).

Kosim, Abdul. “Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture.” Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 5, no. 1 (2021).

Leuwol, Natasya Virginia, Sherly Gaspersz, Marissa Swanda Tupamahu, dan Windy Wonmaly. “Karakteristik Kepemimpinan Ideal di Era Generasi Milenial.” Journal on Education 5, no. 2 (25 Januari 2023).

Mabrur, Haqi. “Kerja Keras Dalam Islam.” JURNAL EL-HAMRA: Kependidikan dan Kemasyarakatan 6, no. 1 (2021).

Miles, MB, Huberman, AM, & Saldana. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Metode. Sage Publikasi, 2018.

Nurdin, Fauziah. “Pandangan Al-Qur’an Dan Hadist Terhadap Etos Kerja.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 17, no. 1 (9 September 2020).

Purwanti, Eri. “Implementasi Penggunaan SSP (Subject Specific Pedagogy) Tematik Integratif Untuk Menanamkan Tanggung Jawab, Kerja Keras, dan Kejujuran.” TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3, no. 2 (2016).

Risman, Rahmayeni. “Kerja Keras Siswa dalam Pelajaran Sains.” Journal Evaluation in Education (JEE) 1, no. 1 (2020).

Septianingtyas, Niken, dan Hella Jusra. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (13 Agustus 2020).

Setyaningsih, Rini, dan Latifatul Munawaroh. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty And Data.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11, no. 3 (15 September 2022).

Sudarsih, Sri. “Pentingnya Membangun Karakter Generasi Muda di Era Global.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat HARMONI 3, no. 2 (2019).

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Susilowati, Sri, Lilik Lilik, Chumdari Chumdari, dan Karsono Karsono. “Nilai Karakter dalam Karya Seni Batik Ngawi Sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 1 (3 Maret 2021).

Wanda Hemalia, dan Lukman Hakim. “Analisis Penokohan Dalam Cerita Rakyat Ande Ande Lumut.” Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra 12, no. 1 (31 Maret 2022).

Wiranata, Rz. Ricky Satria. “Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Manar 8, no. 1 (1 Juni 2019).

Wulandari, Sri, dan Susanto Susanto. “Keberhasilan Mempertahankan Warung Makan Prasmanan Mbah San.” Solusi 18, no. 1 (25 Maret 2020).

Yektiana, Neneng, dan Mukh Nursikin. “Integrasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran dari Segi Perspektif Ki Hajar Dewantara dan John Dewey.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (14 April 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.