Strategi Madrasah Ibtidaiyah Swasta dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan

Widya Nurhafni Zulpa Purba, Muftahatus Sa’adah, Nur Syapika Adila, Shaleh Shaleh, Iva Nandya Atika

Abstract


Madrasah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang sejak awal menyatu dengan keyakinan dan lingkungan masyarakat, untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat terhadap madrasah maka dibutuhkan strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah ibtidaiyah swasta agar dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data penelitian menggunakan klasifikasi data, pengkategorian, menciptakan hubungan dari setiap kategori dan mengambil manfaat dari teori untuk dijadikan sebagai bahan diskusi dan menentukan sebuah temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan MI Al Huda Karangnongko yaitu memperhatikan tiga aspek, yaitu: disiplin, pelayanan dan prestasi. Hasil dari implementasi strategi tersebut yaitu MI Al Huda Karangnongko dapat bersaing dan menjadi pilihan masyarakat berdasarkan jumlah siswa yang setiap tahunnya semakin meningkat yaitu pada tahun ajaran 2001/2002 hanya memiliki 6 ruang kelas dan 73 siswa dan pada tahun ajaran 2022/2023 memiliki 15 ruang kelas dan 361 siswa.


Keywords


Strategi, Madrasah Ibtidaiyah, Daya Saing Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andang, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Bahri Djamarah, Syaiful, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 2012

Baryanto, B, Manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di mts nurul kamal kabupaten rejang lebong, Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1 (2) (2017).

Creswell, J, W, Education Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th Edition), Boston: Pearson: 2012.

Ibrahim, Darwis Mochammad, Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas Kuningan, Skripsi: 2022.

M. Kholis Amrullah, M. Irfan Islamy, Perencanaan Penelitian: Perjalanan Sistematis Penemuan Teori. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Mulyasana, D, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Remaja Rosda Karya, 2012.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulm 2013 Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah

Solichin, M, M, Rekonstruksi pendidikan pesantren sebagai character building menghadapi tantangan kehidupan modern, Karsa, 2012.

Suharyadi, Aris. Isbianti, Pandit, Strategi Eksistensi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta di Tengah Kebijakan Zonasi, JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education 6 (2) (2022).

Suprapti S, Analisis Kritis Manajemen Madrasah di Era Otonomi Daerah. Religi: Jurnal Studi Islam. 5 (1) (2014).

Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam: Membentuk Insan Kamil yang Sukses dan Berkualitas, Yogyakarta: Fadilatama, 2011.

Temon Astawa, I, N, Pendidikan agama dan keagamaan dalam menunjang mutu pendidikan di indonesia, Jurnal Penjaminan Mutu. 7 (2) (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.