Pola Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah

Sholikin Sholikin, Erna Zumrotun, Sabarudin Sabarudin, Ismatun Nisak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM) pada satuan Pendidikan. Penting bagi personel dalam sebuah lembaga untuk mengembangkan karir sesuai dengan jabatan yang mereka emban, agar mampu bersaing dengan institusi lainnya, serta keberlangsungan lembaga tersebut dapat dipertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian field studi (studi lapangan) sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah pola pengembangan karir yang diterapkan oleh pimpinan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Data tentang pengembangan karir pada lembaga tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dengan cara triangulasi, yang tahapannya meliputi pengumpulan, pengkodean, pemadatan, display data, dan terakhir adalah menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan tentang pola pengembangan karir pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda 02 Ngasem Batealit Jepara. Usaha dalam pengembangan karir SDM melalui tahapan analisis kebutuhan pada lembaga, penempatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM), dan evaluasi. Pengembangan karir sangat dibutuhkan demi meningkatkan kompetensi personel  agar mampu menjalankan tugas sesuai dengan job deskripsi untuk mencapai tujuan.


Keywords


Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Andriyani, dan Margono Mitrohardjono. “Pemberdayaan Sumbar Daya Manusia (SDM) Sekolah Dasar Di SD Lab School Fip Umj.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.117-128.

Carolus Borromeus Mulyatno. “Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (2022).

Creswell, John W. 30 Keterampilan Esensial untuk Penelitian Kualitatif. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Fauziah, Aisatun Nisa, Nela Budi Ekasari, Dinda Wahyu, dan Dwi Hartanti. “Bentuk-Bentuk Penempatan Kerja” 1, no. 1 (2022).

Hafiz, Jauhari, Badia Parizade, dan Agustina Hanafi. “Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Keinginan Berpindah (Turnover Intention) (Studi Kasus Pada Karyawan PT. BFI Finance. Tbk Cabang Palembang).” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis & Terapan 13, no. 2 (2016).

Hidayat, Moch. Charis. Pengembangan Karir Bidang Kajian ( Teoritis dan Praktik ). Surabaya: UMSurabaya, 2019.

Isnan, Martina, Soelaiman Sukmalana, Dhea Perdana Coenraad, dan Windi Matsuko Danasasmita. “Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan.” Acman: Accounting and Management Journal 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55208/aj.v2i2.49.

Ladjin, Litriani, Sahamony, Kusumaningrum, Maulina, Siregar, Hubbansyah, Solikin, Silitonga, Soeyatno, Asyari, Sinaga, Amalia. Www.Penerbitwidina.Com Www.Penerbitwidina.Com, 2022.

Maros, Fadlun, Julian Elitear, Ardi Tambunan, Ernawati Koto, Kelas Kominfo, Angkatan III, dan Universitas Sumatera Utara. “Field research ),” 2016.

Maulyan, Feti Fatimah. “Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Karir: Theoretical Review.” Jurnal Sain Manajemen 1, no. 1 (2019).

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

Mukhlison Effendi. “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40.

Nasfi, Nasfi. “Pengaruh Diklat Kepemimpinan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi Umkm Provinsi Sumatera Barat.” al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31958/jaf.v8i1.2025.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia: untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press, 2005.

Nurdiani, Nina. “Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan.” ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications 5, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427.

Pramiyati, Titin, Jayanta Jayanta, dan Yulnelly Yulnelly. “Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil).” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 8, no. 2 (2017). https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574.

Simarmata, Nicholas, Fakultas Kedokteran, dan Universitas Udayana. “Penulis :,” no. May (2023).

Siregar, Chairiah Yulianti, dan Suryani Hardjo. “Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Persepsi Pengembangan Karir Dengan Kepuasan Kerja.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 5, no. 1 (2013).

Sugiyono. “Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung.” Analisis Data Kualitatif, 2016.

Ulfatin, Nurul, dan Teguh Triwiyanto. “Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan.” Fakultas Ilmu Pendidikan, Malang. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.