EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH SHALAT DI MADRASAH IBTIDAYAH

Mahmudin Mahmudin

Abstract


Kegiatan belajar mengajar akan lebih bersemangat dan efektif serta dapat mengenai sasaran apabila seseorang dapat menggunakan metode yang menarik dan bervariasi dalam mengajar. Di antara beberapa persoalan yang sering muncul pada pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidayah adalah tentang tidak fahamnya siswa pada materi yang diajarkan sehingga mempengaruhi pelaksanaan praktik. Untuk itu guru harus bisa kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara optimal. Salah satu metode yang perlu diterapkan oleh seorang guru untuk pembelajaran fikih tentang Shalat fardu adalah melalui metode demonstrasi. Metode demonstrasi ini lebih sesuai untuk mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang merupakan suatu gerakan-gerakan, suatu proses maupun hal-hal yang bersifat rutin. Dengan metode demonstrasi peserta didik berkesampatan mengembangkan kemampuan mengamati segala sesuatu yang sedang terlibat atau terjadi dalam suatu proses tersebut serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan. Tujuan penggunaan metode ini diterapkan untuk memudahkan para siswa/siswi di Madrasah Ibtidayah memahami dan dapat mempraktikan Shalat fardu dengan benar sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw.


Keywords


Efektivitas, Metode Demonstrasi, Fikih Shalat

Full Text:

PDF

References


ad-Dimyâthy, ‘Usman bin Muhammad Syathâ, ‘Iânatu at-Thâlibin, Beirut: Dâr Ihyâ at-Turats al-‘Araby, 1999.

Ahmad al-Kâf , Hasan bin, at-Taqrîrât as-Syadîdah Fî Masâil al-Mufîdah, Surabaya: Dâr ‘Ulûm al-Islâmiyah, 2006.

Aziz, Amka Abdul, Hati Pusat Pendidikan Karakter, Klaten : Cempaka Putih, 2012.

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Imam Bukhâry, Shahih al-Bukhâry, Maktabah al-Jami’ lî al-Hadist an-Nabawy, t.th.

Moedjiono dan dimyati, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLTK, 1995.

Sagala, Syaiful, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Jakarta: Alfabet, 2008.

Slamet, Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Staton, Cara Mengajar Dengan Hasil Baik, Tahalele. Terjemahan, Bandung: CV. Diponegoro, 1978.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali, 1987.

Tim, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.