Analisis Design & Organisasi Kurikulum PGSD di Universitas Sulawesi Barat

Umri Umri, Muh. Inayah, Sedya Santosa

Abstract


Berdirinya lembaga pendidikan tidak pernah lepas dari pembentukan kurikulum, begitu pentingnya peranan suatu kurikulum sehingga memberikan esensi dan dampak yang dominan kepada keberlangsungan pendidikan, esensi dalam kurikulum apabila diimplementasikan secara utuh, esensi tersebut meliputi konservatif, kritis atau evaluatif dan kreatif dan berkelanjutan memberikan nuansa perubahan sesuai dengan harapan dan cita-cita sebuah lembaga pendidikan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode Library Research, yaitu  penelitian kepustakaan atau penelitian kepustakaan. Dalam penelitian perpustakaan sumber data antara lain berupa buku, jurnal, artikel, berita, surat kabar, majalah atau  sumber  lain yang relevan dan relevan dengan permasalahan yang dipecahkan. Sehingga memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Mengetahui design kurikulum Fakultas PGSD di Universitas Sulawesi Barat yang mengedepankan karakter Malaqbi seperti kejujuran, keadilan, keikhlasan, ketegasan, kemuliaan, dan kebijaksanaan. Organisasi kurikulum PGSD di Universitas Sulawesi Barat terdiri dari 29 SKS mata kuliah universitas dan 16 SKS mata kuliah fakultas. Terdapat 35 kurikulum bidang studi dan 24 kurikulum terintegrasi.


Keywords


Analisis Design, Organisasi Kurikulum, PGSD

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Wahyu. “Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum.” ISLAMIKA 2, no. 2 (31 Juli 2020). https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembagan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Hamid, Hamdani. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Herlina. “Urgensi Desain Kurikulum dalam Upaya Memajukan Pendidikan Di Indonesia.” Ngabari: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 11, no. 1 (2018).

Huma, Humaedah. “Desain Pengembangan Kurikulum.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 4, no. 1 (1 Mei 2021). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.849.

Mukhlasin, Ahmad, dan Rachmat Wibowo. “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (18 Oktober 2018).

Ruslan. “Spesifikasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1).” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat, t.t.

Sugiana, Aset. “A Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Di Indonesia.” eL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 1 (31 Desember 2018). https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.229.

Thaib, Razali M., dan Irman Siswanto. “Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif).” Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 2 (7 Juli 2015). https://doi.org/10.22373/je.v1i2.3231.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.