Dampak Penggunaan Digital Learning pada Pendidikan Dasar

Klemens Mere

Abstract


Digital learning, atau pembelajaran digital, merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan atau menggantikan metode tradisional pembelajaran. Dalam konteks pendidikan dasar, yang mencakup tingkat pendidikan anak-anak usia dini hingga tingkat SMP atau setingkat, penggunaan teknologi ini memberikan dampak yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisdampak penggunaan digital learning pada pada pendidikan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau Literature Review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan digital learning pada pendidikan dasar memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek, baik dari segi pembelajaran maupun pengelolaan pendidikan. Digital learning memungkinkan akses lebih mudah terhadap berbagai materi pembelajaran. Guru yang professional di era revolusi 4.0. Digital learning memungkinkan penggunaan multimedia, simulasi, dan permainan edukatif untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran membantu siswa mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan di era modern.


Keywords


Digital, Learning, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


afif, Nur. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, No. 01 (1 Januari 1970). Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V2i01.28.

Afrianto, Afrianto. “Being A Professional Teacher In The Era Of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges And Strategies For Innovative Classroom Practices.” English Language Teaching And Research 2, No. 1 (22 Desember 2018).

Dito, Samuel Benny, Dan Heni Pujiastuti. “Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 4, No. 2 (18 Desember 2021). Https://Doi.Org/10.24246/Juses.V4i2p59-65.

Gamar, Mahfud M., M. Saunan Al Faruq, Dan Lina Lina. “Challenging The Indonesian Primary Education In Industrial Revolution 4.0 Era.” Dalam Proceedings Of The 3rd International Conference On Educational Management And Administration (Coema 2018). Malang, Indonesia: Atlantis Press, 2018. Https://Doi.Org/10.2991/Coema-18.2018.12.

Novayanto, Arif Damami, Dan Benny A. Pribadi. “Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 12, No. 3 (18 Desember 2023).

Sakti, Abdul. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (Juprit) 2, No. 2 (2023).

Shahroom, Aida Aryani, Dan Norhayati Hussin. “Industrial Revolution 4.0 And Education.” International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences 8, No. 9 (13 Oktober 2018). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V8-I9/4593.

Syamsuar, Dan Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, No. 2 (24 Mei 2019). Https://Doi.Org/10.24036/Et.V2i2.101343.

Wiyono, Ketang. “Sertifikat Seminar Nasional Pendidikan Fisika Universitas Lambung mangkurat Dengan Artikel Berjudul: Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia,” 2019. Https://Repository.Unsri.Ac.Id/69731/.

Yusnaini, Yusnaini, Dan Slamet Slamet. “Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 10 Maret 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.