Kolaborasi Pendidik dalam Membentuk Kemandirian Mahasiswa PGMI IAIN Curup dalam Menghadapi Pembelajaran Daring

Edi Wahyudi M, Guntur Putrajaya

Abstract


masa pandemi covid 19 sampai dengan sekarang. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dijadikan alat untuk pencapaian tujuan pendidikan dan terbentuknya kemandirian mahasiswa namun dalam pelaksanaannya ditemui berbagai macam permasalahan sehingga perlu dilakukan kolaborasi antar pendidik dengan peserta didik yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang akan melihat kolaborasi pendidik dalam membentuk kemandirian mahasiswa IAIN Curup dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini bersifat Mixed Method, dengan subjek penelitian mahasiswa, dosen dan staf dilingkungan prodi Fakultas Tarbiya IAIN Curup. Instrumen penelitian ini menggunakan Kuesioner dan In-Depth Interview dengan analisis data menggunakan understanding; generality; control; dan conclusion teknik tri anggulasi. Hasil penelitian penghitungan korelasi diperoleh bahwa r hitung 0.304 dan r tabel=0.00586 artinya terdapat hubungan yang signifikan kolaborasi pendidik dalam membentuk kemandirian mahasiswa.  Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan.


Keywords


Kolaborasi, Kemandirian Mahasiswa, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani, Sosiologi Skematika. “Teori dan Terapan", Jakarta: PT.” Bumi Aksara, 2007.

Arikunto, Suharsimi. “Metode Penelitian Administrasi.” Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Aziz, Jamil Abdul. “Self Regulated Learning Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 14, no. 1 (2017).

Babbie, Earl R. The basics of social research. Nelson Education, 2015.

Boekaerts, Monique, dan Lyn Corno. “Self‐regulation in the classroom: A perspective on assessment and intervention.” Applied psychology 54, no. 2 (2005).

Brookfield, Stephen. Understanding and facilitating adult learning: A comprehensive analysis of principles and effective practices. McGraw-Hill Education (UK), 1986.

Burman, Jeremy T, Christopher D Green, dan Stuart Shanker. “On the meanings of self‐regulation: Digital Humanities in service of conceptual clarity.” Child development 86, no. 5 (2015).

Butler, Deborah L, dan Philip H Winne. “Feedback and self-regulated learning: A theoretical synthesis.” Review of educational research 65, no. 3 (1995).

H Hartini, Eka Apriani. “ICT and Curiosity Learning Development (Literasi Baru Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0).,” Cetakan Pe., 1–180. Curup, Rejang Lebong – Bengkulu – Indonesia: LP2 IAIN Curup, 2021.

Hartini. “Academic Flow Guidance Toward Excellent Generations In 21 Century.” Dalam Proceeding International Seminar of Mental Health, disunting oleh M.Pd. Dr. Ipah Saripah, M.Pd. Arie Rakhmat Riyadi, dan M.Pd Dodi Suryana, 253–59. Bandung: Pusat Kajian Pendidikan Kesehatan Mental dan Konseling Trauma Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, Jawa Barat E-mail : pkpkm.upi@edu Homepage : http://www.pkpkm.upi.edu, 2018.

———. “Persiapan Generasi Emas Abad 2045 : Kolaborasi Konselor dengan Guru/Dosen dalam Upaya Pengembangan Curiosity Peserta Didik dalam Belajar.” Dalam Studi Islam Internasional; Kajian dan Pendekatan Multidispliner, disunting oleh Sumarto, 1 ed., 127–56. Curup: LP2 IAIN Curup, 2021.

Hartini, Sunaryo Kartadinata, Syamsu Yusuf LN, M. Solehuddin, dan Edi Wahyudi M. “The Curiosity of Education Faculty Students in Learning.” International Journal of Engineering and Advanced Technology 9, no. 2 (30 Desember 2019). https://doi.org/10.35940/ijeat.B3527.129219.

Hasanah, Ana Mar Atul. “Suharso, & Saraswato, S.(2015).” Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 5, no. 1 (2015).

Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, dan Hary Ramadhan. “Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 2 (2020).

Makur, Alberta Parinters, Emilianus Jehadus, Sebastianus Fedi, Silfanus Jelatu, Viviana Murni, dan Polikarpus Raga. “Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2021).

———. “Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika” 10 (2021).

Marhayani, Dina Anika. “Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 5, no. 2 (2020).

Monks, F J, A M P Knoers, dan Siti Rahayu Haditono. “Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Perkembangannya.” Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Perss, 2002.

Moore, Michael G, dan Greg Kearsley. Distance education: A systems view of online learning. Cengage Learning, 2011.

Mukhadis, Amat. “Sosok Manusia Indonesia Unggul Dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434.

Nawawi, Hadari. “Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT.” Toko Gunung Agung, 1997.

Pandemi, Masa. “Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Risa Santoso” 14, no. 1 (2021).

Paris, Scott G, dan Alison H Paris. “Classroom applications of research on self-regulated learning.” Dalam Educational psychologist, 89–101. Routledge, 2003.

Perry, Nancy E, Lynda Phillips, dan Lynda Hutchinson. “Mentoring student teachers to support self-regulated learning.” The elementary school journal 106, no. 3 (2006).

Pintrich, Paul R. “Multiple goals, multiple pathways: The role of goal orientation in learning and achievement.” Journal of educational psychology 92, no. 3 (2000).

Rahmat, Pupu Saeful. “Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Berkarakter Pancasila.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 3, no. 2 (2016).

Santoso, Risa. “Pengaruh motivasi dan sarana belajar online terhadap kemandirian belajar mahasiswa feb institut asia di masa pandemi covid-19.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 14, no. 1 (2021).

Steinberg, Laurence. “Adolescene Sanfrancisco.” McGraw-Hill Inc, 1995.

Supianti, In In. “Dampak penerapan e-learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar mahasiswa.” Teorema: Teori dan Riset Matematika 1, no. 1 (2016).

Wahyudi, Rendi, dan Nurhasan Syah. “Hubungan minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik bangunan.” CIVED 6, no. 1 (2019).

Warsita, Bambang. “Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh.” Jurnal Teknodik, XI 20 (2007).

Winne, Philip H, dan Nancy E Perry. “Measuring self-regulated learning.” Dalam Handbook of self-regulation, 531–66. Elsevier, 2000.

Zimmerman, Barry J. “Self-regulated learning and academic achievement: An overview.” Educational psychologist 25, no. 1 (1990).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.