Pengaruh Aplikasi Tahsin Digital dan Motivasi Baca Al-Qur'an Terhadap Kemampuan Tahsin Tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Koto Kampar Hulu

Nelvawita Nelvawita, Mochammad Novendri S, Siti Soleha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi tahsin digital dan motivasi baca al-Qur'an terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian ini adalah sebanyak 69 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan Regresi Linier dan Berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Aplikasi Tahsin Digital  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (62.230>1,66)  dengan nilai sig. 0,073 < 0,005. Dengan besar kontribusi 47%. motivasi membaca al-qur’an memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini di tunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (54.165> 1,66) dengan nilai sig. 0,108 < 0,005.  Dengan besar kontribusi 38%.  Terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi tahsin digital dan motivasi membaca al-Qur’an Terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F (2,430 > 2,35). dengan besar konstribusi 69%. Ini berarti sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69%.


Keywords


Aplikasi Tahsin Digital, Motivasi Baca, Kemampuan Tahsin

Full Text:

PDF

References


A. M, Sardiman. Intraksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 1992.

Abidin, Zainal. Seluk Beluk Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004.

Ali, Nawawi. Pedoman Membaca Al-Qur’an. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 2002.

al-Khattan, Manna Khalil. Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Litera Antarnusa, 2007.

Al-Makhtum. Karantina Hafal Al-Qur’an Sebulan. Ponorogo: CV Alam Pena.2016

Al-Maududi, Abu A’la. Bagaimana Memahami Al-Qur’an. Surabaya: AlIkhlas, 1981.

Annuri, Achmad. Panduan Tahsin Tilawah Al Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2010.

Annuri, Achmad. Panduan Tahsin Tilawah Al Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar. 2010.

Arif, A. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Fathul Bari Jilid 8

Huda, M. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.

Kamus Al-Munir

Kementrian Agama RI, Mushaf Al-Quran dan Terjemah. Jakarta Timur: Penerbit Ummul Qura, 2017.

Kholidah. Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama. 2009.

Kurnaedi, Abu Ya’la. Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i. 2013.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Marzuki. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPEE UII Yogyakarta, 2001.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2000.

Mufarokah, A. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras. 2009.

Nadhratun Na’im fi Makarimi Ahlaqi Al-Rasulil Karim

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2008.

Tekan, Ismail. Tajwid: Al-Qur’anul Karim. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2005.

Wawancara Dengan Bapak Hadisi, Pada Tanggal 3 Agustus 2022 Pukul 14.18 WIB

Yunanda, Anton Breva. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak, Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Vol 01 No 02. Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.