Peran Guru Agama dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikultural di Sekolah Dasar

Suharsono Suharsono

Abstract


Pendekatan multikultural dalam pendidikan Islam bertujuan untuk mengeksplorasi dan menghargai perbedaan, serta mempromosikan pemahaman, toleransi, dan kerja sama antar umat beragama dalam konteks sosial melalui peran guru Agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview serta dokumentasi. Teknik analisis data merujuk pada teori Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan melakukan penarikan kesimpulan, Teknik pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan Teknik triangulas, member check, perpanjangan keikutsertaan, diskusi dengan teman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep yang dikembangkan melalui kegiatan di dalam kelas tersusun dalam RPP yang di dalamnya terdapat nilai toleransi dan saling menghormati, untuk kegiatan pembelajaran diluar kelas terkonsep dalam rapat mingguan, rapat bulanan dan tahunan. Proses pelaksanaan kegiatan di dalam kelas dengan metode ceramah dan tanya jawab, kegiatan diluar kelas melalui upacara bendera dan rutinitas keagamaan. Hasil penanaman nilai-nilai multikultural melalui kegiatan di dalam kelas adalah toleransi yang tercermin dalam sikap menghormati dan menghargai perbedaan keyakinan, persamaan hak dalam berbagai kegiatan di dalam kelas, melalui kegiatan diluar kelas kerukunan antar siswa muslim dan nasrani, saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan, pembentukan identitas agama yang kuat.


Keywords


Peran Guru Agama, Nilai-Nilai Multikultural, Kelas

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Terjemah Depag.

Ariesandy, K. Trisnadewi. “Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.” Wahana Matematika dan Sains 15(1) (2021).

Khikmah, Ni’matul, and Muhammad Sholihun. “Peran Guru Agama Islam Dalam Menerapkan Nilai- Nilai Multikultural Terhadap Peserta Didik Di Smp Negeri 01 Purwodadi.” Al Murabbi Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 (2018).

Larlen, Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar, Jurnal Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.3 No.1 (Juli 2013).

Mardiyah, Ririn. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di SMAS Paramarta ISeputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah” SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah Vol.2 No.2 (2022).

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Rahardjo, Mudjia. “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya5 no.1 (2017).

Samsu. Metode Penelitian : Edited by Rusmini. Jambi, 2017

———. Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Edited by Rusmini. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). 1st ed. Jambi, 2017.

Saputra, Decky. “Pengembangan Model Pendidikan Islamdalam MultikulturaL: (Analisis Eksploratif Pondok Pesantren Dar El-Hikmah Kota Pekanbaru-Riau),” n.d

Sodik, Sandu Siyoto dan Ali. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. 2015.

Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif” (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.