KONSEP PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA JAMA’AH TABLIGH

Muh. Haris Zubaidillah, M. Ahim Sulthan Nuruddaroini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan anak pada keluarga jama’ah tabligh. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan anak pada keluarga jama’ah tabligh meliputi; dasar-dasar pendidikan agama Islam yaitu 13 sifat da’i dan 28 asas dakwah. Program-program meliputi shalat berjama’ah lima waktu di masjid, pendidikan atau pembelajaran Alquran, birrul waa lidain, puasa, taklim dan puasa sunnah. Metode pendidikan agama Islam meliputi, metode kebiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode monitoring, metode punishment (memberikan hukuman), metode keluar (khuruj). Tujuan pendidikan agama Islam meliputi, untuk mencapai sifat-sifat di antaranya, iman dan yakin seperti iman dan yakinnya Rasulullah saw. Fikir dan risau seperti fikir dan risau Rasulullah saw. Maksud hidup seperti maksud hidup Rasulullah saw. Kecintaan seperti kecintaan Rasulullah saw. Tertib hidup seperti tertib hidup Rasulullah saw, mampu berinteraksi dengan masyarakat, dapat memberikan manfaat kepada orang lain, mampu berdakwah, dan mencari ridha Allah swt dan selalu menjalankan sunnah Nabi. Sedangkan materi pendidikan agama Islam meliputi, ta’lim wa ta’allum berisi beberapa materi, di antaranya adalah materi Alquran, anak-anak mereka di ajarkan cara membaca Alquran, menghafal surah-surah pendek, selain itu juga membacakan kitab fadhilah amal yang materinya tentang fadhilah-fadhilah amal, seperti fadhilah puasa, sedekah, zikir, membaca Alquran dan di bacakan rutin setiap selesai shalat. Selain itu juga materi mengenai enam sifat sahabat, yaitu yakin pada kalimah Thoyyibah, shalat khusu’ dan kudhu’, ilmu dengan zikir, ikramul muslimin, meluruskan niat, dakwah dan tabligh.

Keywords


konsep, pendidikan anak, keluarga, jama’ah tabligh

Full Text:

PDF

References


Abd. Basir. “Simpul-Simpul Pendidikan Islam Pada Surah Ali Imran, An-Nisa dan Al-Maidah” Vol. 11 No. 2 (2013).

Al-Nadwi, Ali. Life And Mission Of Maulana Muhammad Ilyas. Lucknow: Academy Of Islamic Research And Publication, 1983.

Al-Zarnuji, Burhan Al-Islam. Ta’lim Al-Muta’allim. Sudan: Al-Dar Al-Soudania Li Al-Kitab, 2004.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam DI Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Arifin. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Buana Aksara, 2000.

Budimansyah. “Gerakan Islam Jama’ah Tabligh Dalam Tinjauan Maqashid Al-Din.” Al-’Adalah Vo. X No. 3 (2012).

Daradjad, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Depag RI. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI, t.t.

Depdiknas Jendral Direktorat. Pendidikan Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas, 2004.

Fathoni, Miftah Ahmad. Pengantar Studi Islam (Pendekatan Islam Dalam Memahami Agama). Semarang: Gunungjati Semarang, 2001.

Ghzali, Adeng Muchtar, dan Busro. “Pendidikan Islam Dalam Dinamika Kehidupan Beragama DI Indonesia.” Intizar Vol. 23 No. 1 (2017).

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Hesein, Ibnu. Pribadi Muslim Ideal. Semarang, 2004.

Ismaya, Miraj Zaeni. “Model Pendidikan Islam Pada Anak Kelompok Jama’ah Tabligh Di Temboro, Karas, Magetan.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2013.

Kamalludin. “Pembinaan Keluarga Dalam Perspektif Jama’ah Tabligh.” Mizan: Jurnal Ilmu Sayriah Vo. II No. 1 (2014).

Majid, Abdul, dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mubarok, Romli. Studi Islam Merespon Perkembangan Zaman. Semarang: Bima Sejati, 2008.

Nurzakiyah, Cucu. “Pola Pendidikan Agama Dalam Keluarga Jama’ah Tabligh Di Desa Bolang Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.” IAIN Purwokerto, 2019.

Riduan, Ma’ruf. “Pola Sosialisasi Jam’ah Tabligh Dalam Meningkatkan Semangat Keagamaan Di Jelutung Kelurahan Darussalam Kabupaten Karimun.” Jom FISIP Vol. 4 No. 1 (2017).

Sakdiah. “Masturah Dalam Dakwah Jama’ah Tabligh (Analisis Metode Dan Praktik).” Al-Idarah Vol. 1 No. 1 (2017).

Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1 (2016).

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan Dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Sudjanto, Agus. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Surpiyono, Widodo. Paradigma Pendidikan Islam. Semarang: Fakultas IAIN Walisongo, 2001.

Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Uhbiyati, Nur. Ilmu pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 1997.

UUD 1945. “Undang-Undang RI dan Perubahannya.” Penabur Ilmu, 2004.

W.J.S. Poerwadarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1984.

Zubaidillah, Muh. Haris. “Mudzakarah Bekal Juru Da’wah,” 2013.

Zuhaerini. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Zuhairini. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press, 2004.

Zulaiha, Siti. “Jama’ah Tabligh Dalam Perspektif Psikologis.” Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 1 No. 02, no. Jurnal (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.