PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI PESERTA DIDIK ABAD 21 TEMA 7 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Priankalia Arwanda, Sony Irianto, Ana Andriani

Abstract


Penelitian ini berlandaskan masalah yang ada di sekolah. Masalah ditemukan berdasarkan hasil observasi dan analisis media pembelajaran yang ada di sekolah. Pembelajaran berjalan dengan baik jika dalam proses pembelajaran ditunjang dengan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, salah satunya yaitu penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran dapat dijadikan sebagai penunjang proses pembelajaran. Media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata hasil validator 4,23 dengan predikat sangat baik. Media pembelajaran Artikulate Storyline tema 7 dengan model TPS (think, pair and square) dapat meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking and problem solving, creative and inovative, collaborative, and comunicative) sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21. Respon guru terhadap media pembelajaran nilai scor rata-rata 4,73 dengan predikat sangat baik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran mendapatkan nilai scor rata-rata 4,6 dengan predikat sangat baik

Keywords


Learning media, Articulate Storuline, 2013 Curriculum, Thematic, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Ilhan, G.& Sahin O. (2016). Effect of the Use of Multimedia on Students’ Performance: A Case Study of Social Studies Class. Academic Journal Vol 11.8 9 Januari 2019

Indasari, P. (2019). Theoretical Feasibility Of Interactive Multimedia Based On Articulate Storyline In Liquid Pressure. E-Jurnal Pensa. Vol 07. 1 Desember 2019.

Le, H. dkk. (2018). Collaborative Learning Practices: Teacher and Student Perceived Obstacles to Effective Student Collaboration. Cambridge Journal of Education Vol 48.1 9 Januari 2020

Purnamawati. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif melalui Pendekatan CSCL (Computer Supported Colabborative Learning) pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 3. 1 Desember 2019.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiyarti, Lina dkk. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar UNJ 2018. ISSN:2528-5564.

Thiagarajan dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/ OE), Washington, D.C.

Yaqin, Mustafa A. dkk. (2018). Think-Pair-Square Leraning: Improving Student’s Collaborative Skills and Cognitive Learning Outcome on Animal Diversity Course. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI). Vol. 4 No. 2. 26 Januari 2020.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.