Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan

Miftakhur Rohmah, Farah Shoufika Hilyana, Diana Ermawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa materi pecahan siswa  kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bintoro 07 Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 6 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bintoro 07 Demak. Teknik pengambilan subjek yang peneliti gunakan adalah teknik purposive. Langkah analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori tinggi mampu memenuhi 7 indikator pemahaman konsep dengan kemampuan matematis tinggi. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang mampu memenuhi 5 indikator dari 7 indikator pemahaman konsep dengan kemampuan matematis cukup baik, sedangkan untuk siswa kemampuan pemahaman konsep matematis rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 7 indikator pemahaman konsep dengan kemampuan matematis rendah.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematis, Pecahan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Adila, Sucipto, and F Shoufika Hilyana, ‘Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA’, Jurnal Educatio, 8 (2022), https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120.

Cahani, Khoirunnisa, Kiki Nia Sania Effendi, and Dadang Rahman Munandar, ‘Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar’, JPMI : Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (2021), https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224.

Dewantari, Anggun Cintya, F. Shoufika Hilyana, and Diana Ermawati, ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Pada Siswa Kelas V’, AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14 (2023).

Ermawati, Diana, Irsyad Fardani, Dika Nurunnaja, Aulia Ulfatun Ni’mah, and Devina Dwi Astuti, ‘Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SD’, Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), X (2023).

Ermawati, Diana, Nabila Fakhirin Nihayati, Cantik Marina Marlin, Filyas Aleansyah, and Putri Amelia Noviyanti, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 1 Gribig’, Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8 (2023).

Ermawati, Diana, indra Prastianing Zahro, Richa Ria Anika, Putri Tiara Hindriana, and Shabrina Khilda Zulfia, ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas IV SD Gempolsongo’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7 (2023), https://doi.org/10.30605/27458326-60.

Handayani, Hani, ‘Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar’, Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I (2015).

Lathifah, Euis, Ayu Fitri, and Depi Prihamdani, ‘Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar’, Anterior Jurnal, 2022.

Mutaqin, Ejen Jenal, and Anggia Pebianti Sopiana, ‘Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III SDN 4 Wanakerta Pada Materi Perkalian’, Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 02 (2021).

Nasional, Menteri Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 (Jakarta, 2006).

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani, ‘Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan’, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (2022).

Riswari, Lovika Ardiana, and Diana Ermawati, ‘Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika’, JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 2020.

Rosmawati, Rina, and Teni Sritresna, ‘Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2021).

Rustam, ‘Penguasaan Konsep Geometri Pada Siswa Smp Kota Pontianak Tahun 2020’, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6 (2021). https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45787.

Safitri, Siti Luthvita Dewi Anis, Dina Zanuba Rohmah, Hilmi Itsna Aryani, Sepvi Rahayu, Ahmad Hasan Tino, and F. SHoufika Hilyana, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromediaflash Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa’, Jurnal Basicedu, 7 (2023).

Salsabila, Salma Nafisa, Farah Shoufika Hilyana, and Sumaji, ‘Analisis Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd Negeri 2 Gondoharum’, JIPMat, 7 (2022), https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12330.

Sari, Irene Rafika, F Shoufika Hilyana, and Much Arsyad Fardani, ‘Development of Micado (Local Wisdom-Based Module) to Improve The Ability of Conceptive Comprehension of V-Grade Students’, DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2023.

Shifania ’Azza Mawardah, Khamdun, and Diana Ermawati, ‘Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas Iv Sd Pasca Pandemi’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9 (2023), https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1455.

Unaenah, Een, and Muhammad Syarif Sumantri, ‘Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan’, Jurnal Basicedu, 3 (2019), https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.