Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif di SDN 147 Pekanbaru

Witri Wilis, Cindy Fitri Ramadhani, Gustin Nur Asrianti, Leni Zulva Wati, Hendri Marhadi

Abstract


Penilaian merupakan proses mengumpulkan dan mengelola data untuk mengukur hasil belajar siswa. Penilaian memiliki peranan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penilaian menentukan keberhasilan siswa dalam pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Penilaian hasil belajar siswa dilaksanakan untuk menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini membahas terkait hasil belajar siswa kelas IV di SDN 147 Pekanbaru yang berfokus pada aspek kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian hasil belajar siswa pada aspek kognitif di SDN 147 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualiitatif, yaitu dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.) Penilaian hasil belajar siswa di SDN 147 Pekanbaru pada aspek kognitif sudah cenderung baik dengan perolehan tertinggi nilai akhir sumatif yaitu 91,8. 2.) Rata-rata nilai tertinggi siswa yaitu berada pada penilaian sumatif ke 2 dengan perolehan nilai rata-rata 91.  Sehingga hal ini dapat memberikan gambaran tentang tingkat pemahaman dan pencapaian pembelajaran siswa Kelas IV di SDN 147 Pekanbaru pada aspek kognitif.


Keywords


Penilaian, Hasil Belajar, Kognitif, SDN 147 Pekanbaru

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, Muhammad Najib, and Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia (Permendidkbud No 21 Tahun 2022) Noptario.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 11 (2023).

Andayani, Triasari, and Faisal Madani. “Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Pendidikan Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402.

Umar Sidiq, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.

Hartini, Puji, Hari Setiadi, and Ernawati Ernawati. “Cognitive Domain Analysis (LOTS and HOTS) Assessment Instruments Made by Primary School Teachers.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 25, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.34411.

Hasil, Meningkatkan, and Belajar Siswa. “Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd.” EJoES (Educational Journal of Elementary School) 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554.

Ilham, Rezki, Mufarizuddin Mufarizuddin, and Joni Joni. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1480.

Indy, Ryan. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12, no. 4 (2019).

Kusainun, Noven. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2020).

Merdeka, Kurikulum Pembelajaran. “Karakteristik Penilaian Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2023).

Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.

Nuraini, Rini, Fadllurrohman Fadllurrohman, and Norfaizah Norfaizah. “Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Rapor Digital Madrasah Di MI Mathla’ul Anwar HSU.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1174.

Nurhayati, Siti. “Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran.” Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung 13, no. 2 (2019).

Nurnaningsih,Moh. Arif,Anggita, Firda. “Volume 02, (2), June 2022 Http://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/Dikmas.” Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdia 02, no. 23 (2022).

Putri, Hellin, Desty Susiani, Nabilla Setya Wandani, and Fia Alifah Putri. “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649.

Setiawan, Prabu, and Badruddin Kaddas. “Tipe Student Teams Achievement.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2022).

Sobari, Sobari. “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perangkat Keras Komputer Di Kelas 7a SMP Negeri 2 Jampangkulon.” Utile: Jurnal Kependidikan 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2169.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2020.

Ubabuddin, Ubabuddin. “Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Lisan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (2022). https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.14972.

Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin. “Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Amar (JAA) 2, no. 1 (2021).

Ulumuddin, Ikhya, and Dkk. “Pemanfaatan Penilaian Hasil Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2019.

Zakiah, Zakiah, and Fikratul Khairi. “Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang.” El Midad 11, no. 1 (2019). https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906.

Zulkifli, Muhammad. “Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (2018). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.