Penggunaan Flipbook Pintar dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilandasi dari sebuah situasi di mana kemajuan teknologi telah memberikan dampak signifikan pada bidang pendidikan, terutama perubahan dalam media pembelajaran yang digunakan. Kemajuan teknologi juga mengakibatkan penurunan minat literasi siswa. Minat literasi memiliki peranan krusial dalam proses belajar mengajar, terutama di kalangan siswa sekolah dasar. Teknologi telah mengalihkan perhatian siswa dari kegiatan literasi tradisional menuju konsumsi konten digital yang lebih pasif. Dalam lingkungan belajar yang diwarnai oleh teknologi, tantangan baru muncul dalam upaya meningkatkan minat literasi siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis buku digital yang diberi nama Flipbook PINTAR (Politic in the Era Khulaur Rasyidin) sebagai alternatif yang relevan untuk penggunaan di era abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan pendekatan pengembangan ADDIE. Flipbook PINTAR memuat materi tentang Khulafaur Rasyidin pada masa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib RA yang disajikan dengan desain menarik dan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Flipbook PINTAR sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat literasi siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Rini Nursaadah, and Salsabila Baliani Putri Sopian. “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022).
Aeni, Ani Nur, Juni Artha Juneli, Erlinda Indriani, Indri Nur Septiyanti, and Resta Restina. “Penggunaan E–Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022).
Aeni, Ani Nur, Dea Alfia Latifa, and Alma Nurul Inayah. “Pemanfaatan Video Pembelajaran ‘Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin’ Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022).
Aeni, Ani Nur, Adelia Puspitasari, Astri Nuraeni, and Muhammad Fadzillah Fuadi. “Pemanfaatan Flipbook Kisah Nabi Syuaib Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Memupuk Sikap Jujur Siswa Kelas 3 SD Citungku.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023).
Dirgantara, Cahya Sukma, Rena Rohmawati, Ratna Nindya, and Ani Nur Aeni. “Penggunaan Ebook APOI” Amazing Prophet Of Islam” Untuk Mendidik Karakter Pada Anak SD Kelas Atas.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).
Francisca, Francisca, Jovanka Oktavia Venneza Zahra, Sri Hesty Anggraeni, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan E-BookBUDIMAS ‘Buku Digital Agama Islam’ Untuk Pembelajaran PAIpada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).
Husnussaadah. “Strategi Pembelajaran E-Learning Di Era Digitalisasi.” IQRA: Jurnal Magister Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021).
Inar, Iis, Dini Nurfitriyani, Farda Andita Damayanti, and Ani Nur Aeni. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Pedutal (Petunjuk Wudu Digital) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Kelas II SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023).
Julita, Julita, and Pebria Dheni Purnasari. “Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 2, no. 2 (2022).
Lestari, Novita Dwi, Ruswandi Hermawan, and Dwi Heryanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 3 (2018).
Mundir. Teknologi Pendidikan : Suatu Pengantar. Malang : Edulitera, 2019.
Rinawati, Agustin, Lilik Binti Mirnawati, and Fajar Setiawan. “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Education Journal : Journal Education Research and Development 4, no. 2 (2020).
Syafril, Eldarni, and Ulfia Rahmi. Teknologi Pendidikan : Peningkatan Kualitas Dan Akses Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2018.
Wulandari, I Gusti Ayu Agung Manik, I Gde Wawan Sudatha, and Alexander Hamonangan Simamora. “Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II Di IHDN Denpasar.” Jurnal Edutech Undiksha 8, no. 1 (2020).
Wulanjani, Arum Nisma, and Candradewi Wahyu Anggraeni. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.