Urgensi Microteaching Terhadap Keterampilan Menjelaskan dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Calon Guru MI/SD

Queen Elvina Sevtivia Asrivi, Mokhammad Miftakhul Ulum, Ana Rahma Umami, Heni Septi Riani

Abstract


Microteaching merupakan mata kuliah yang mewadahi mahasiswa calon guru sebelum menempuh Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan (LPTK). Khususnya bagi mahasiswa calon guru MI/SD sebagai guru kelas yang dituntut memiliki kemampuan memahami materi seluruh mata pelajaran. Kaitannya dengan kompetensi professional yang dicapai melalui kemampuan keterampilan mengajar yaitu keterampilan menjelaskan dalam rangka untuk menyampaikan materi pada siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui microteaching sebagai mata kuliah wajib melatih keterampilan menjelaskan untuk mengasah kompetensi professional guru. Fokus penelitian ini mengenai kompetensi professional guru, kegiatan microteaching, keterampilan menjelaskan dan domain aspek kognitif Bloom. Jenis penelitian kualitatif dengan metode literatur review. Studi kepustakaan ini mencakup jurnal penelitian 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa microteaching tidak menjadi satu-satunya cara melatih keterampilan menjelaskan namun, mahasiswa sudah terlatih keterampilan menjelaskan melalui penggunaan metode presentasi, demonstrasi maupun tanya jawab sejak mahasiswa menempuh pendidikan di LPTK. Mata kuliah yang diampu memiliki karakteristik menyiapkan mahasiswa calon guru menjadi guru professional yang efektif dan efisien.


Keywords


Microteaching, Kompetensi Profesional, Keterampilan

Full Text:

PDF

References


Hapsari, Pungky, and Purweni Widhianningrum. “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru.” Journal of Accounting and Business Education 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6050.

Haqqi, Ulyani Lizamil, Gustimal Witri, Suroyo Suroyo, Bedriati Ibrahim, and Neni Hermita. “Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Sekolah Dasar Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31258/jta.v4i2.

Hidayah, Nurul. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional.” Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 1 (2018). https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2936.

Isrokatun,Ely Fitriani, Kania Mukarromah. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar Yang Kompeten.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022).

Lisnawati, Ica, and Rohita Rohita. “Keterampilan Mengajar Pada Guru Taman Kanak-Kanak: Tinjauan Pada Keterampilan Menjelaskan.” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.55-70.

Madjid, Arqam. “Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar.” Journal Peqguruang: Conference Series 1, no. 2 (2019).

Mar’atul Kumala. “HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS HASYIMIYAH TUBAN TAHUN AJARAN 2021/2022 SKRIPSI,” 2022.

Pratama, Yudhi Tri, Tuti Iriani, and Amos Neolaka. “Hubungan Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Pada Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung.” Jurnal PenSil 1, no. 2 (2012). https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i2.9831.

Rahman, Fitria Rayani, Intan Oktaviani Agustina, Isna Nadifah Nur Fauziah, and Selly Ade Saputri. “Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Untuk Menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022).

Rahmatih, Aisa Nikmah, Asri Fauzi, and Ida Ermiana. “Hubungan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 28, no. 2 (2020). https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p076.

Saputri, Dona Ayu, Harto Nuroso, and Joko Sulianto. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar” 06, no. 01 (2023).

Sundari, Fitri Siti, and Yuli Muliyawati. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta. 2014.

Syofyan, Rita, Nur Sukma Hidayati, and Rani Sofya. “Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru.” Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE) 10, no. 2 (2020). https://doi.org/10.24036/011103600.

Ujang Khiyarusoleh. “Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengimplementasi Keterampilan Menjelaskan Pada Pembelajaran Geguritan Di Sekolah Dasar.” Dialektika Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2021).

Ummah, Nabila Kuntum Khoiro, and Hanin Niswatul Fauziah. “Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di MI Al-Azhar Madiun.” Adaptivia, 2021.

William M.F. Lolowang, Shopia Pongoh, Devyano Ranti. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Di Sma Negeri 1 Touluaan Selatan.” Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, n.d.

Yuanita, Yuanita. “Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar Pada Perkuliahan Mikroteaching.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1952.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.