Pengaruh Metode VAKS (Visual, Auditory, Kinesthetic, Suggestopedia) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Realitas fakta di lapangan ditemukan masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional yang berorientasi pada guru. Kurangnya pemahaman guru mengenai pembelajaran terdiferensiasi berdampak pada rendahnya kemampuan kognitif dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode VAKS (Visual, Auditory, Kinesthetic, Suggestopedia) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental serta desain penelitian Noneequivalent Control Group Desain. Populasi menggunakan seluruh siswa kelas V SD di Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang dengan 2 sekolah sebagai sampel yaitu SDN Legok I dan SDN Cileuksa. Hasil penelitian diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima bahwa terdapat pengaruh Metode VAKS (Visual, Auditory, Kinesthetic, Suggestopedia) terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Sekolah Dasar pada Muatan IPS Mata Pelajaran IPAS Kelas V Materi Keberagaman Budaya di Indonesia. Sangat penting dan sangat diharapkan jika metode VAKS (Visual, Auditory, Kinesthetic, Suggestopedia) dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran di sekolah sebagai alternatif metode pembelajaran yang relevan dengan kurikulum merdeka. Ini dimaksudkan agar guru dan siswa dapat menciptakan iklim pembelajaran aktif dan menyenangkan sehingga dapat berdampak baik bagi optimalisasi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, S., Widiada, I. K., & Zain, M. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2).
Aisyah, H., & Muhimmah, H. A. (2023). Konsep Merdeka Belajar Dalam Prespektif Teori Belajar Humanistik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1).
Cahyani, N. A., Djuanda, D., Sudin, A. (2017). Penerapan Metode VAKS (Visual, Auditory, Kinestethic, Sugestopedia) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Memerankan Tokoh Drama. In Jurnal Pena Ilmiah. 2(1).
Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramadhani, D. (2022). The Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). 4(3).
Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Educational Implications of The Theory of Multiple Intelligences. Educational Researcher. 18(8).
Gusrayani, D., Djuanda, D., & Sudin, A. (2019, October). Extending Students ZPD with Center Learning and Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1). IOP Publishing.
Hamdi, S, dkk. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7(2).
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. In Current research in education: conference series journal (Vol. 1, No. 1).
Marlina, I, dkk. (2024). Perbedaan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Dengan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi. 11(1). doi: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1017
Masnur, A, dkk. (2023). Yang Terdepan dalam Teknologi Pembelajaran. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Pertiwi, A.D, dkk. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2).
Prasetya, D., & Safitri, K. (2020). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. 6(3).
Rahayu, R, dkk. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. JURNAL BASICEDU, 6 (2). doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 3 (1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Sulyati. (2024). Model Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(4).
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.