Manajemen Penilaian Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur

Fitriyana Fitriyana, Yudo Dwiyono, Usfandi Haryaka

Abstract


Penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan (actualiting), pengawasan (controlling) dan evaluasi manajemen penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah dalam peningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan penilaian kinerja guru yaitu, persiapan membentuk Tim penilaian kinerja guru, sosialisasi penilaian kinerja guru melalui rapat dewan guru, pembagian SK Tim, menyiapkan pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru, menyiapkan instrumen penilaian kinerja guru, menyiapkan instrumen kinerja guru, pengumpulan data dan fakta, penilaian, dan laporan penilaian kinerja guru; (2) Pelaksanaan penilaian kinerja guru dilaksanakan melalui pengamatan dan pemantauan (actualiting). Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan proses pembelajaran. Pemantauan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen atau administrasi pembelajaran, observasi pelaksanaan pembelajaran wawancara peserta didik dan orang tua; (3) pengawasan (controlling) oleh kepala sekolah yaitu melakukan pengawasan terhadap kedisplinan waktu, Mengawasi guru yang sering absen sekolah; mengecek perangkat pembelajaran, melihat cara guru membangun komunikasi dalam lingkungan sekolah, baik itu sesama guru maupun dengan siswa, penggunaan sarana dan prasarana sekolah; (4) Evaluasi proses dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran. Kesimpulan: penilaian kinerja guru sebagai upaya dalam peningkatan kinerja guru dan mutu pembelajaran di kelas.


Keywords


Penilaian Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Komunitas SD Negeri Kecamatan Kaubun

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Firja, Fatimah Saguni, and Rustina Rustina. “The Role of Teachers and Families in Improving Motivation and Learning Outcomes of Students.” International Journal Of Contemporary Islamic Education 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24239/ijcied.vol1.iss1.6.

Azainil, A., Komariyah, L., & Yan, Y. “The Effect of Principal’s Managerial Competence and Teacher Discipline on Teacher Productivity.” Cypriot Journal of Educational Sciences, 2021.

Azainil, Azainil, Ita Sabara, Sestuningsih Rahayu, Ramadiani Ramadiani, and Widyatmike Mulawarman. “The Influence of Principal’s Supervision Competence and School Culture on Teachers Performance of Public High School in Kutai Kartanegara Regency.” European Alliance for Innovation n.o., 2020. https://doi.org/10.4108/eai.14-3-2019.2291964.

H. A. Rusdiana. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2014.

Mulyasa & Rizka Fauziah. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 3 Medan,” 2019.

Mulyatun Nikmah, Dedi Irawan, and Aidil Azhar. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru di SDN 2 Kalirejo Pesawaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i1.23.

Novianti, Chatarina. “Kepala Sekolah Sebagai Inovator Terhadap Kinerja Guru.” Journal Scientific of Mandalika (JSM) 3, no. 1 (2022).

Pitriyani, Agustina, Yustinus Sanda, Scolastika Nene Remi, Yesepa Yesepa, and Widyatmike Gede Mulawarman. “Sistem Kompensasi Dalam Menjamin Kesejahteraan Guru Honorer Di Sekolah Menengah Pertama Negeri.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2779.

Puspita Rahayu, Dewi, and Muhammadiyah Kendari. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pada Proses Pembelajaran.” JPP. Vol. 2, 2021.

Simatupang, Jhonnedy Kolang Nauli, and Anthony Yedid Yah Kairupan. “Mengurai Problematika Manajemen Pendidikan Kristen Berbasis Paralelitas Teori Motivasi: Herzeberg Dan Abraham Maslow.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.36.

Ulum, Mohammad Bahrul, Endi Sarwoko, and Agung Yuniarianto. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja.” JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan 3 (2020).

Warman, Hana, and Usfandi Haryaka. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di SD Negeri 012 Samarinda Kota.” Attractive: Innovative Education Journal 4, no. 3 (2022).

Waruwu, Marinu. “Analisis Implementasi Prinsip Empowerment Pada Kepemimpinan Kepala Sekolah.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1232.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitriyana Fitriyana, Yudo Dwiyono, Usfandi Haryaka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto