Implementasi Metode Interaktif dan Kolaboratif dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada Kelas Kecil: Studi Kasus di Salah Satu Sekolah di Karawang

Alife Ahmad Dhani, Budianto Budianto, Danang Dwi Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi metode interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas kecil di Karawang. Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an sangat penting dalam pendidikan Islam, namun menghadapi tantangan seperti kurangnya motivasi siswa dan metode pengajaran yang monoton. Metode interaktif dan kolaboratif melibatkan siswa secara aktif melalui diskusi dan aktivitas partisipatif, meningkatkan daya ingat, motivasi, dan kerja sama antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif dan kolaboratif secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dibandingkan metode tradisional. Pengajar menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan memberikan insentif untuk mempertahankan semangat belajar. Kerja sama antar siswa dalam menghafal Al-Qur’an juga terbukti efektif dalam mengatasi rasa bosan dan meningkatkan motivasi.


Keywords


Implementasi, Metode, Pembelajaran Tahfidz

Full Text:

PDF

References


Amalia, Ayu. “Pelaksanaan Program Tahfidz Dalam Pembelajaran Al-Quran Pada Siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya.” Other, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2023.

Amar, Muhammad Fadali, dan Durrotul Masruroh. “Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Dalam Manajemen Kelas Tahfidz (Studi Kasus IPA Tahfidz MA Nurul Jadid).” Relevancia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 01 (14 Januari 2024).

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya, 2020.

Sanjaya, Yefta Christopherus Asia, dan Glori K. Wadrianto. “Anak Perlu Dididik Gunakan ‘Interactive Learning’, Apa Itu?” KOMPAS.com, 2 Juli 2022. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/02/100000520/anak-perlu-dididik-gunakan interactive-learning-apa-itu-.

Sukron, Oon. “Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi Dan Metode Iqro Di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama.” Eduprof : Islamic Education Journal 2, no. 2 (21 September 2020). https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27.

Sultan, Muhammad Asrul, dan Tri Putri Paurru. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang.” Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu 1, no. 2 (2021).

Sunbanu, Halani Felda, Mawardi Mawardi, dan Krisma Widi Wardani. “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostraydi Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3, no. 4 (15 November 2019). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260.

Syarofah. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Pola Kolaborasi di SMP Islam Terpadu As-Salam Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2023.

Umar, sidiq, dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya, 2019.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (30 April 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.