Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Era Kurikulum Merdeka di SDIT Yabis Bontang
Abstract
Peningkatan mutu pembelajaran menjadi salah satu fokus utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka, yang menekankan fleksibilitas, pembelajaran berbasis projek, dan pengembangan karakter peserta didik. Di tengah transformasi tersebut, manajemen pembiayaan sekolah memegang peranan penting dalam mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas. Penelitian bertujuan menguraikan 1). untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pembiayaan dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di SDIT Yabis Bontang, 2). Untuk mendeskripsikan pengorganisasian manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDIT Yabis Bontang, 3). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDIT Yabis Bontang, 4). Untuk mendeskripsikan Evaluasi manajemen pembiayaan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SDIT Yabis Bontang. Penelitian Menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi manajemen pembiayaan yang dilakukan oleh kepala SDIT Yabis telah terlaksana secara sistematis dengan baik, kedua Pelaksanaan Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembiayaan dilakukan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan untuk terlibat bekerja sama dalam mengelola manajemen pembiayaan sekolah untuk peningkatan mutu pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Bintari, Ana. “Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 2, no. 2 (July 12, 2022). https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1306.
Hanim. “Interaction Effect of Teacher Certification and Principal Leadership Styles towards Teacher Performance: Empirical Evidence of Elementary School at Berau District of East Kalimantan Province, Indonesia.” International Journal of ADVANCED AND APPLIED SCIENCES 7, no. 2 (February 2020). https://doi.org/10.21833/ijaas.2020.02.008.
Huda, Mualimul. “Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 01 (January 25, 2022). https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083.
Imron A.M., Ali, and Farida Nugrahani. “Strengthening Pluralism In Literature Learning For Character Education Of School Students.” Humanities & Social Sciences Reviews 7, no. 3 (April 22, 2019). https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7332.
Mesiono, Mesiono, M. Fajri Syahroni Siregar, and Imron Bima Saputra. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Al-Manar Kecamatan Medan Johor.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 02 (July 15, 2021). https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1193.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, 2013.
Muhajir, Nur Muhammad Najmi, Machdum Bachtiar, and Anis Fauzi. “Pentingnya Manajemen Pembiayaan Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 2 (2023).
Muspawi, Mohamad. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21, no. 1 (February 8, 2021). https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265.
Rapang, Rita, Muh Yunus, and Eka Apriyanti. “Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Peraturan-Peraturan Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 3 (April 16, 2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596.
Septiwi, Ervina, Nurul Hikmah, Fatimah Zahara, and Yantoro Yantoro. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Peningkatan Kinerja Guru Dan Kompetensi Guru Disekolah Dasar.” JURNAL PENDIDIKAN GLASSER 6, no. 2 (November 29, 2022). https://doi.org/10.32529/glasser.v6i2.2010.
Wahyuni, Selvia, and Sulastri Sulastri. “Persepsi Guru Terhadap Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kabupaten Padang Pariaman.” Journal of Educational Administration and Leadership 3, no. 3 (February 27, 2023). https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.286.
Waruwu, Marinu. “Analisis Implementasi Prinsip Empowerment Pada Kepemimpinan Kepala Sekolah.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (August 17, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1232.
Winarsih, Sri. “Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” International Conference of Moslem Society 1 (March 25, 2019). https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409.
Yulia, Hana, Warman Warman, and Usfandi Haryaka. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di SD Negeri 012 Samarinda Kota.” Attractive : Innovative Education Journal 4, no. 3 (September 4, 2022). https://doi.org/10.51278/aj.v4i3.469.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4284
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.